Mau Kulit Putih Bersinar Seperti Idol Kpop? Ini Kata Dokter

Apakah memang ada cara yang aman untuk mendapatkan kulit putih seperti idol Kpop?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 18 Desember 2023 icon 11:45 WIB
Mau Kulit Putih Bersinar Seperti Idol Kpop? Ini Kata Dokter

Irene Red Velvet. (Instagram/@redvelvet.smtown)

Masih banyak orang Indonesia yang menganggap kulit putih sebagai standar kecantikan. Bahkan, ada yang kini menjadikan kulit putih para idol Kpop sebagai acuan. 

Perlu dipahami, warna kulit asli dipengaruhi faktor genetik serta letak geografis tempat tinggalnya. Itulah mengapa orang Indonesia kebanyakan memang tidak bisa punya kulit seputih orang-orang keturunan Korea atau negara barat.

Dokter Spesialis Kulit, dr. Riris Asti Respati Sp.DV , menegaskan bahwa tak ada produk skincare apa pun yang mampu mengubah kulit jadi putih. Menurutnya, klaim yang lebih realistis adalah mencerahkan kulit.

Baca Juga: Rahasia Ketampanan Ariel NOAH di Usia 42 Tahun, Ternyata Segampang Ini

Ilustrasi wajah cerah. (DewiKu.com/Ema Rohimah)
Ilustrasi wajah cerah. (DewiKu.com/Ema Rohimah)

"Yang perlu diluruskan adalah istilahnya, bukan putih tapi cerah. Jadi sebetulnya skincare itu kalau mau klaim lebih cocok mencerahkan, bukan memutihkan. Karena seputihnya kita orang Asia, gak mungkin bisa seputih orang barat atau bule," ujar Dokter Riris, Minggu (17/12/2023), dilansir dari Suara.com.

Dalam ilmu kedokteran, juga tak ada pengobatan atau perawatan yang bisa mengubah warna dasar kulit atau skin tone seseorang menjadi putih. Kulit memang bisa menjadi lebih cerah, tetapi batasan tingkat kecerahan setiap orang juga berbeda-beda.

"Cara paling gampang, cek kulit kita tercerah seperti apa, lihat aja lengan bagian dalam. Atau yang jarang pakai pakaian terbuka bisa dada. Secerahnya paling sampai situ," terangnya.

Baca Juga: Urutan Pemakaian Skincare yang Benar, Kunci Wajah Sehat dan Glowing

Perawatan yang mengubah skintone jadi tiba-tiba putih justru harus diwaspadai karena justru biasanya mengandung bahan berbahaya seperti merkuri.

Baca Juga: Rekomendasi 3 Masker Mugwort, Bermanfaat Menenangkan Kulit Iritasi

Dokter Titis menegaskan, "Kalau misalnya tiba-tiba putih, pasti ada sesuatu yang aneh. Sebenarnya itu kontroversial, kayak skincare apa yang bisa bikin putih banget. Jadi mesti dicek dulu, ada enggak database, penelitian sudah ada belum. Memang, jadi konsumen mesti pintar. Jadi putih, pakai apa, itu harus research lagi penelitiannya sudah ada atau belum."

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI