Oles Biasa atau Disuntik? Ini Metode Perawatan Kulit yang Lebih Efektif Bikin Glowing

Mana lebih yang ampuh, perawatan kulit dengan cara mengoleskan produk skincare atau suntikan?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 27 Desember 2023 icon 17:45 WIB
Oles Biasa atau Disuntik? Ini Metode Perawatan Kulit yang Lebih Efektif Bikin Glowing

Ilustrasi suntik botox. (Pexels/cottonbro)

Kulit yang sehat dan glowing membutuhkan perawatan yang tepat. Selain menggunakan produk skincare dengan cara dioles biasa, banyak pula orang yang memilih metode perawatan injeksi di klinik kecantikan. Mana yang lebih efektif?

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dr. Dikky Prawiratama, M.SC., Sp.KK, menjelaskan tentang perbandingan efektivitas perawatan kecantikan dengan suntikan dan oles biasa.

Dalam sesi siaran langsung di Instagram, dr. Dikky mengungkapkan bahwa proses penerimaan kandungan skincare pada setiap orang berbeda. Inilah mengapa suntik skincare masih tinggi peminat. 

Baca Juga: Beautiful AI Semakin Diminati, Jadi Stimulus Kreativitas Pelaku Industri Kecantikan dan Mode

Produk perawatan wajah yang cara penggunaannya dioles membutuhkan waktu paling cepat empat pekan, bahkan hasilnya baru bisa terlihat setelah 14-20 minggu.

Ilustrasi suntik botoks. (Pexels/Gustavo Fring)
Ilustrasi suntik botoks. (Pexels/Gustavo Fring)

"Berbeda dengan yang diinjeksi. Karena injeksi obatnya langsung dimasukan ke dalam kulit sesuai kebutuhan, efeknya jauh terlihat lebih cepat. Namun untuk kelemahannya, yang disuntik bisa saja tidak sengaja menyenggol pembuluh darah di kulit atau terasa kurang nyaman ketika disuntik," terangdr. dikky.

Sementara itu, bahan aktif yang banyak dicari pada produk skincare oles adalah vitamin C, hyaluronic acid, hingga ceramide. Ketiganya juga bisa  diterapkan pada skincare suntik dengan teknik mesoterapi.

Baca Juga: Rahasia Awet Muda Wulan Guritno Terungkap, Ternyata Pantang Makan Beginian

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah fungsi dari ketiga bahan aktif tersebut.

Vitamin C

Vitamin C banyak digunakan untuk mencerahkan kulit karena mempunyai efek antioksidan yang kuat dan mudah diserap tubuh. Beberapa uji klinis juga telah menemukan bahwa vitamin C bisa membantu mengatasi masalah pigmentasi.

Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid adalah zat humektan alami yang fungsi utamanya menjaga kelembapan kulit. Jika terhidrasi dengan baik, kulit akan tampak halus dan sehat.

Ceramide

Baca Juga: Prediksi Tren Makeup 2024, Riasan Simpel Semakin Disukai Beauty Enthusiast

Ceramide merupakan molekul lipid yang mendukung kesehatan kulit. Selain melembapkan, ceramide akan membantu melindungi kulit dari iritasi berbahaya, bakteri, dan racun.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI