Cita Citata Mengaku Autoimun gara-gara Suntik Putih, Pahami Efek Samping Perawatan Ini

Apa saja efek samping suntik putih yang disebut-sebut jadi penyebab Cita Citata mengalami autoimun?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 09 Januari 2024 icon 14:15 WIB
Cita Citata Mengaku Autoimun gara-gara Suntik Putih, Pahami Efek Samping Perawatan Ini

Cita Rahayu alias Cita Citata (Instagram/cita_rahayu)

Cita Citata yang kini dikenal sebagai Cita Rahayu mengaku terkena penyakit autoimun sebagai efek samping suntik putih yang pernah dilakoninya.

"Penyebab autoimun adalah kesalahan aku pribadi. Kesalahannya adalah lifestyle pribadi aku," ungkap dia, dikutip dari video yang diunggah lewat akun TikTok citarahayu45, baru-baru ini.

Cita Rahayu dulunya sering perawatan suntik vitamin C atau populer disebut suntik putih. Hal tersebut dilakukan demi menunjang penampilan di layar kaca.

Baca Juga: Demi Berobat Penyakit Langka, Kisah Wanita Beralih Karir Jadi Model Dewasa

Dilansir dari Alodokter, memang ada banyak efek samping suntik putih yang perlu diwaspadai. Berikut beberapa di antaranya.

 
 
 

1. Gangguan pencernaan

Asupan vitamin C lebih dari 2.000 miligram per hari dapat memicu gangguan pencernaan seperti mual, sakit perut, hingga diare. Rentan pula meningkatkan refluks asam lambung sehingga memunculkan heartburn.

Baca Juga: Cita Citata Unggah Foto Penuh Keringat, Warganet: Basah Kenapa?

2. Kerusakan jantung dan hati

Vitamin C punya sifat membantu menyerap zat besi. Hanya saja, jika dosisnya terlalu tinggi, kadar zat besi di dalam tubuh yang terlalu tinggi justri bisa menumpuk menjadi racun.

3. Batu ginjal

Tubuh sebenarnya memiliki kemampuan untuk mengeluarkan kelebihan vitamin C sebagai oksalat melalui urine. Meski begitu, pada kondisi tertentu, oksalat bakal berikatan dengan mineral, kemudian membentuk kristal di ginjal.

Itulah mengapa suntik putih yang dilakukan dalam jangka panjang berpotensi menyebabkan masalah batu ginjal.

4. Asma

Penggunaan glutathione dalam perawatan suntik vitamin C sangat marak dilakukan. Penderita asma perlu mewaspadai hal ini. Pasalnya, kandungan tersebut bisa memicu kambuhnya serangan asma.

5. Sindrom Stevens-Johnson

Baca Juga: Cita Citata Santai Rebahan di Kasur, Terbukti Cantik Tanpa Makeup!

Penggunaan glutathione yang terkandung dalam suntik putih juga dapat menyebabkan sindrom Stevens-Johnson. Bentuknya adalah reaksi alergi berat dengan gejala berupa ruam yang disertai nyeri.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI