Sebelum Imlek Boleh Potong Rambut atau Tidak? Begini Aturannya

Apa yang mungkin terjadi jika seseorang memilih potong sambut saat hari perayaan Imlek?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 28 Januari 2024 icon 13:15 WIB
Sebelum Imlek Boleh Potong Rambut atau Tidak? Begini Aturannya

Ilustrasi potong rambut. (Pixabay/Engin Akyurt)

Perayaan Imlek yang begitu istimewa selalu dinanti setiap tahun. Banyak persiapan yang dilakukan, termasuk mempercantik diri. Namun, tahukah kamu bahwa potong rambut tidak boleh dilakukaan saat Imlek?

Imlek 2024 jatuh pada 10 Februari 2024 mendatang. Dilansir dari Suara.com, masyarakat Tionghoa menganggap bahwa potong rambut saat Imlek merupakan hal tabu. Tindakan itu diyakini bisa menghilangkan keberuntungan dan kemakmuran.

Jika demikian, apakah boleh potong rambut sebelum Imlek? Ternyata ada kepercayaan bahwa potong rambut sebelum perayaan Imlek adalah sebuah keharusan.

Baca Juga: Berdasarkan Shio, Ini Rekomendasi Warna Baju Imlek 2024

Biasanya orang-orang akan melakukannya paling lambat sehari sebelum perayaan Imlek. Jangan baru potong rambut saat Imlek karena akan membawa sial.

Ilustrasi seorang perempuan merayakan Imlek (Freepik/our-team)
Ilustrasi seorang perempuan merayakan Imlek (Freepik/our-team)

Tak hanya potong rambut, masyarakat Tionghoa juga dilarang untuk melakukan hal-hal lainnya saat perayaan Imlek. Apa saja?

1.  Sarapan bubur dan daging

Baca Juga: Gibran Rakabuming Raka Santai Perawatan di Salon, Habis Berapa Duit?

Tidak boleh makan bubur dan daging sebagai sarapan saat Imlek. Ini dilakukan untuk menghormati kepercayaan masyarakat Tionghoa yang menganut agama Buddha. 

2.  Mengucapkan kata-kata negatif

Ketika merayakan Imlek, dilarang mengatakan kalimat atau hal-hal negatif, misal kata hantu, miskin, dan mati. Pasalnya, kata-kata tersebut dinilai bisa mendatangkan aura negatif saat perayaan.

3. Menyapu rumah dan cuci baju

Kedua hal ini juga termasuk aktivitas yang dilarang karena  dipercaya dapat mengusir datangnya energi positif yang membawa kekayaan. Larangan mencuci baju adalah simbol penghormatan terhadap perayaan hari lahirnya Dewa Air. 

4. Menjahit

Menjahit saat Imlek dipercaya bisa membuat kehidupan menjadi sulit sepanjang tahun. Jika ingin menjahit baju, pastikan melakukannya jauh-jauh hari sebelum perayaan Imlek.

5. Dilarang menggunakan benda tajam

Baca Juga: 4 Arti Mimpi Potong Rambut Pendek, Pertanda Kurang Percaya Diri dan Butuh Perlindungan

Masyarakat Tionghoa juga tidak diperbolehkan menggunakan benda-benda tajam seperti pisau dan gunting. Sebab, tindakan itu dipercaya dapat memutus keberuntungan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI