Rambut Rontok Bikin Pria Insecure, Ini Penyebab Utamanya

Apa saja hal-hal yang bisa menyebabkan pria mengalami masalah rambut rontok?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 03 Februari 2024 icon 08:00 WIB
Rambut Rontok Bikin Pria Insecure, Ini Penyebab Utamanya

Ilustrasi transplantasi rambut (Freepik)

Salah satu masalah yang paling sering membuat pria gelisah adalah rambut rontok. Kebotakan bisa sangat memengaruhi kepercayaan diri mereka.

Berdasarkan ZAP Menology Index 2024, sebanyak 96,7 persen laki-laki menilai rambut sebagai salah satu hal yang paling memengaruhi penampilan.

Itulah mengapa saat mengalami masalah pada rambut seperti kerontokan, pria jadi merasa khawatir dengan penampilan mereka dan lebih inscure.

Baca Juga: Tak Harus Jauh-Jauh ke Turki, Inilah Transplantasi Rambut dengan Metode FUE Pertama di Indonesia

Hasil survei juga menyebutkan bahwa sebanyak 34,7 laki-laki mengalami kerontokan rambut. Itulah kenapa 67,7 persen di antaranya punya rencana untuk transplantasi rambut demi menghindari kebotakan.

Namun, sebenarnya apa sih yang menjadi penyebab rambut menjadi rontok? Dermatolog dan Co-Founder MEN/O/LOGY by ZAP, dr. Endi Novianto, Dr. dr., SpKK(K), DINSDV, FAADV mengungkapkan, kondisi rambut rontok pada pria bisa disebabkan faktor hormon.

Kondisi hormon membuat sebagian pria mengalami masalah rambut rontok. Namun, sebenarnya bukan cuma itu. Masalah rambut rontok juga bisa karena pengaruh asupan nutrisi.

Baca Juga: 5 Tanda Rambut Alamimu Mulai Rusak

"Kalau tadi kita ngomong yang hormon dan bakat. yaitu pada laki-laki memang bisa membuat rambut rontok, tapi itu tidak semuanya ya. Tapi kalau misalnya nutrisi, itu juga ngaruh," ujar dr. Endi, dilansir dari Suara.com.

Dijelaskan bahwa kurangnya asupan protein harian dapat memicu berbagai masalah rambut. Ini karena protein menjadi kandungan penting yang memperkuat rambut sehingga tidak rontok.

"Jadi misalnya ada orang yang dia tertentu sama sekali nggak makan protein atau protein tertentu dihindari ,itu juga ngaruh karena penyusun rambut adalah protein. Kalau misalnya nanti mengonsumsi lagi protein yang hilang, biasanya tumbuh lagi gitu. Makannya ada diet yang nggak makan daging itu atau enggak pernah kena matahari, vitamin D-nya turun di badan. Nah, itu juga ngaruh jadi rambutnya gampang rontok," terang sang dokter.

Baca Juga: Musim Hujan Rawan Ketombean, Ini 3 Tips Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Konsumsi vitamin juga memengaruhi kesehatan rambut. Kurang vitamin D atau A disebut bisa membuat rambut mudah rontok. Asupan selenium dan zinc pun mesti mencukupi agar rambut sehat.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI