Semakin Minimalis, Begini Tren Produk Makeup dan Skincare di Kalangan Gen Z

Industri kecantikan di Indonesia terus mengalami perkembangan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 26 Maret 2024 icon 09:30 WIB
Semakin Minimalis, Begini Tren Produk Makeup dan Skincare di Kalangan Gen Z

Ilustrasi produk cushion (Freepik/pongpongching)

Industri kecantikan terus mengalami perkembangan dengan adanya berbagai variasi produk makeup dan perawatan kulit atau skincare.

Jakpat melakukan survei untuk mengetahui kebiasaan orang-orang dalam pemakaian produk makeup dan skincare hingga mengidentifikasi merek produk apa saja yang sering digunakan di tahun 2023.

Laporan yang melibatkan lebih dari 2000 responden ini membahas tren makeup dengan seluruh responden perempuan, serta tren skincare dengan responden perempuan dan laki-laki.

Baca Juga: Hasil Makeup Jadi Penentu Kualitas Serum Wajah, Kok Bisa?

Hasil survei menunjukkan 86% Gen Z menganggap penggunaan skincare lebih penting daripada makeup. Generasi ini juga menilai skincare adalah investasi (97%) dan tak masalah bila bepergian tanpa mengenakan makeup (83%).

Ilustrasi perempuan mengaplikasikan lip tint (Pexels/Leah Kelley)
Ilustrasi perempuan mengaplikasikan lip tint (Pexels/Leah Kelley)

Pada 2023, orang cenderung menggunakan lebih sedikit produk makeup. Para responden wanita Gen Z cenderung menggunakan lima produk makeup pada 2022 dan 4 produk pada 2023. Lima produk yang digunakan adalah BB cushion, bedak tabur/loose powder, maskara, lip balm, dan lip tint.

"Berkaca dari data 2022 vs 2023 terlihat bahwa ada kecenderungan konsumen mengurangi varian produk makeup, dan di saat yang sama varian produk skincare yang digunakan tetap sama banyaknya. Dari sini terlihat bahwa saat ini konsumen, khususnya gen Z, sudah mulai sadar dan tahu lebih banyak tentang perawatan kulit, proses penuaan, dan penyebab stres dibandingkan generasi sebelumnya," ucap Head of Research Jakpat, Aska Primardi, dilansir dari siaran pers yang diterima Dewiku.com.

Baca Juga: 3 Tips Laris Manis Jualan Skincare Online, Terapkan Strategi Jitu

Menurutnya, tren ini bisa menjadi peluang bagi pemilik produk atau brand makeup untuk mengembangkan produknya menjadi skincare sekaligus makeup. Hal itu seperti yang sudah dilakukan oleh beberapa brand dalam beberapa tahun terakhir.

"Sehingga nantinya produk tersebut tidak hanya sekadar bagian dari makeup dekoratif yang mempercantik penampilan setiap perempuan, tapi juga menjadi produk skincare makeup yang dapat merawat dan menyehatkan kulit wajah," tambah Aska.

Soal skincare, ternyata produk yang digunakan untuk rutinitas skincare malam lebih banyak daripada pagi hari. Morning skincare routine pada responden wanita Gen Z cenderung hanya melibatkan lima produk, yakni pembersih wajah/facial wash, toner, pelembab/moisturizer, tabir surya/sunscreen, dan serum. Sementara di malam hari, mereka menggunakan enam produk, yaitu micellar water, facial wash, toner, serum, moisturizer, dan perawatan jerawat/acne spot treatment.

Sementara, pria Gen Z umumnya menggunakan dua produk skincare di pagi hari dan empat produk untuk skincare malam.

Baca Juga: Nggak Usah Jastip, Brand Makeup Korea Ini Akhirnya Hadir di Indonesia

TikTok menjadi sumber informasi dari 85% Gen Z terkait informasi produk kecantikan, baik skincare maupun makeup. Sebanyak 52% dari generasi muda ini mencari informasi dari pemengaruh media sosial (social media influencer). Mereka juga mencari rekomendasi dari keluarga atau orang-orang terdekat (35%).

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI