6 Jenis Kain Terbaik untuk Baju Lebaran, Nyaman Dipakai dan Tidak Gerah

Berikut beberapa jenis kain yang cocok untuk bahan baju Lebaran.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 28 Maret 2024 icon 19:00 WIB
6 Jenis Kain Terbaik untuk Baju Lebaran, Nyaman Dipakai dan Tidak Gerah

Ilustrasi perempuan berhijab (Freepik)

Ada berbagai hal yang perlu diperhatikan saat membeli busana apa pun, tak terkecuali baju Lebaran. Salah satunya adalah memilih koleksi modest wear yang bahannya terasa nyaman saat dikenakan.

Hari Raya Idul Fitri identik dengan silaturahmi dari rumah ke rumah, jadi lebih baik mengenakan outfit dengan jenis kain yang adem dan tidak bikin gerah. Melansir Suara.com, berikut rekomendasinya.

Katun atau cotton combed

Baca Juga: 5 Ide Hampers Lebaran Spesial, Cocok untuk Bestie Tersayang

Ini adalah pilihan paling umum dan populer untuk bahan pakaian yang adem. Cotton combed merupakan jenis kain katun yang dibuat dari serat kapas murni. Teksturnya halus, dingin, dan mudah menyerap keringat.

Kain linen. (Unsplash/Micheile Henderson)
Kain linen. (Unsplash/Micheile Henderson)

Linen

Kain linen bisa dibilang semakin populer belakangan ini. Selain ringan, kain linen juga punya daya serap yang tinggi sehingga cocok digunakan di negara beriklim tropis seperti Indonesia.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Waspadai 5 Modus Penipuan Viral Ini

Katun rayon

Agak mirip kaus, tetapi kain katun rayon lebih jatuh dan sejuk. Tidak seperti kain rayon lainnya yang panas, katun rayon dipintal dari bahan semisintetis yang dikombinasikan dengan kapas sehingga lebih breathable.

Viscose

Kain viscose lebih murah, tetapi tak kalah berkualitas. Kain ini terasa sejuk, mudah menyerap keringat, dan tampak mewah ketika dipakai. Hanya saja, viscose cenderung kusut dan butuh perlakuan khusus saat mencuci.

Bamboo

Kain ini terbuat dari serat bambu sehingga ramah lingkungan. Teksturnya lembut sehingga menjadikan kulit mudah bernapas. Daya serap keringat lebih bagus daripada katun dan bisa melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet.

Katun silk

Baca Juga: 7 Tren Warna Baju Lebaran 2024, Mau Pakai yang Mana?

Jenis kain yang memadukan sejuknya katun dan kelembutan sutra ini juga cocok untuk baju Lebaran. Katun silk juga biasa digunakan untuk mukena.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI