Inspirasi Busana Hari Kartini, Ini 6 Gaya Kebaya yang Bisa Dipilih

Mulai dari kutubaru hingga kebaya encim, berikut beberapa inspirasinya.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 21 April 2024 icon 10:30 WIB
Inspirasi Busana Hari Kartini, Ini 6 Gaya Kebaya yang Bisa Dipilih

Ilustrasi perempuan mengenakan kebaya (Pexels/Kakanda Yonik)

Hari Kartini diperingati pada 21 April setiap tahun. Untuk merayakan hari lahir pejuang emansipasi wanita ini, biasanya banyak perempuan mengenakan kebaya.

Terlepas dari hal itu, kini memang semakin banyak perempuan yang gemar mengenakan kebaya. Bukan hanya saat merayakan Hari Kartini, tetapi juga untuk beraktivitas sehari-hari, seperti bekerja hingga nongkrong bareng sahabat.

Jenis kebaya sangat beragam sehingga para perempuan bisa memilih model mana yang paling cocok untuk mereka. Dilansir dari Suara.com, berikut deretan kebaya yang disukai banyak orang.

Baca Juga: Anggun Berkebaya, Tas Vintage Titiek Soeharto Bikin Penasaran

1. Kebaya Kutubaru

Kebaya kutubaru memiliki model yang simpel dan klasik. Kebaya ikonik ini mempunyai potongan ketat pada bagian lengan. Kamu perlu memaka korset/longtorso saat mengenakannya.

2. Kebaya Noni

Baca Juga: Amanda Manopo Santai ke Warteg, Gaya Busananya Tetap Jempolan

Kebaya noni terinspirasi dari pakaian Belanda dengan model yang simpel juga anggun. Kebaya ini punya desain bukaan yang dihiasi renda pada bagian depannya.

3. Kebaya Encim

Kebaya Encim yang modelnya berpadu unsur budaya Cina juga cocok dikenakan saat Hari Kartini. Kebaya dengan bahan lembut dan tipis ini dihiasi sulaman bordir terawang.

4. Kebaya Kartini

Sesuai namanya, busana ini memiliki model khas kebaya yang biasa dipakai Kartini. Ciri khas kebaya Kartini ini adalah lipatan pada bagian dada dan panjangnya sepinggul.

5. Kebaya Madura

Kebaya Madura juga dikenal dengan sebutan rancongan. Kebaya model ini memiliki panjang sepinggan dan bagian bawahnya dibentuk menyerong.

6.  Kebaya Jawa

Kebaya satu ini memiliki karakteristik dibuat dengan bahan transparan, yakni brokat yang dihiasi payet. Desainnya juga mempunyai model kerah berbentuk V-neck.

Baca Juga: AHY Jadi Menteri ATR, Gaya Annisa Pohan Berkebaya Banjir Pujian

Itulah beberapa rekomendasi kebaya untuk Hari Kartini 2024 yang dirayakan pada setiap 21 April. Model kebaya apa yang jadi favoritmu?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI