Dokter Estetika Penting Belajar Anatomi Tubuh dan Wajah dengan Jenazah, Ini Alasannya

Ini alasan dokter estetika belajar anatomi tubuh dan wajah lewat Jenazah

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 07 Juni 2024 icon 19:00 WIB
Dokter Estetika Penting Belajar Anatomi Tubuh dan Wajah dengan Jenazah, Ini Alasannya

Ilustrasi operasi plastik. (Shutterstock)

Cadaver training dengan menggunakan tubuh manusia yang telah meninggal lazim dilakukan dalam dunia ilmu kedokteran. Namun, apakah cadaver training juga harus ditempuh dokter estetika?

Melansir American Academy of Facial Esthetics (AAFE), sebagaimana dikutip dari Suara.com, cadaver training memungkinkan mahasiswa kedokteran, ahli bedah, dan profesional medis lainnya untuk mempelajari anatomi manusia secara mendalam, mempraktikkan teknik bedah, serta mengembangkan keterampilan klinis dalam lingkungan yang realistis tetapi terkendali.

Hal ini juga sangat penting bagi dokter kecantikan dan estetika. Mengapa demikian?

Baca Juga: Manfaatkan AI dan AR, Brand Kecantikan Lokal Ini Untung Banyak

1. Pentingnya Pemahaman tentang Anatomi Wajah dan Tubuh

Struktur anatomi wajah dan tubuh manusia sangat kompleks, termasuk otot, saraf, pembuluh darah, dan jaringan kulit. Pemahaman mendalam tentunya penting untuk menghindari komplikasi, terlebih banyak prosedur estetika melibatkan area yang sangat sensitif dan berisiko tinggi, seperti sekitar mata, bibir, dan leher.

2. Mengembangkan Keterampilan Teknis

Baca Juga: Rizkina Nazar Ternyata Juga Acne Fighter, Begini Caranya Atasi Jerawat

Berbagai prosedur seperti botox, filler, dan mesoterapi butuh teknik injeksi yang tepat. Lewat cadaver training, dokter bisa berlatih untuk mengembangkan keterampilan injeksi secara akurat dan mencegah komplikasi seperti emboli atau nekrosis.

3. Simulasi Nyata

Cadaver training menghadirkan situasi yang sangat mirip dengan prosedur pada pasien hidup. Dengan pemahaman mendalam dan keterampilan yang terasah, dokter bisa mengurangi risiko komplikasi selama prosedur estetika. Latihan ekstensif membantu dokter mencapai hasil estetika yang lebih baik.

Itulah latarbelakang Pyfaesthetic mengadakan cadaver training bertajuk "Pyfaesthetic goes to Manila". Ini adalah kali kelima program tersebut dilaksanakan, dengan 16 dokter spesialis dermatologi dan estetika serta GP aesthetic berpartisipasi. Sebelumnya, pelatihan digelar empat kali di Korea Selatan, yakni pada 2022 dan 2023.

Cadaver training bertujuan meningkatkan kompetensi dokter dalam penggunaan filler, botulinum toxin, dan thread lift, dari anatomi dasar hingga teknik aplikasinya. Wila Lestia Kharisma selaku Product Manager Pyfaesthetic, mengungkapkan bahwa program ini lebih menekankan pada praktik langsung.

Baca Juga: Maunya Semakin Glowing, Ini 4 Perawatan Kecantikan Kecantikan Paling Diminati 2024

"Sejalan dengan misi kami menghadirkan produk inovatif dan memfasilitasi dokter untuk meng-update pengetahuan dan keterampilan, kami akan mengadakan basic-advance class cadaver training di Korea Selatan pada November dan Desember 2024 serta meluncurkan 18 produk baru," tutur Wila.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI