Tips Merawat Tas Kesayangan, Perhatikan Jenis Bahannya

Begini cara merawat tas kesayangan berdasarkan jenis bahannya agar lebih awet.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 14 Juni 2024 icon 15:00 WIB
Tips Merawat Tas Kesayangan, Perhatikan Jenis Bahannya

Ilustrasi tas. (Unsplash/Tamara Bellis)

Tas merupakan salah satu produk fesyen yang esensial bagi masyarakat dalam berbagai momen. Selain membawa barang yang dibutuhkan saat dibutuhkan, tas juga berperan penting dalam menunjang gaya busana.

Melihat betapa pentingnya fashion item ini, tentu saja kamu perlu merawas tas kesayangan dengan baik. Selain menjaga tampilan tas, hal tersebut bertujuan memperpanjang masa pakainya.

Lalu, bagaimana cara merawat tas kesayangan yang benar? Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah jenis bahannya. Misalnya, tas kulit asli dan sistetis tidak bisa dirawat dengan cara yang sama.

Baca Juga: Cari Tas Kulit Berkualitas Harga Terjangkau? Brand Lokal Ini Bisa Jadi Pilihan

"Untuk tas berbahan kulit, baik itu kulit asli maupun kulit imitasi seperti PU atau PVC, sebaiknya jangan disimpan di tempat lembap seperti lemari. Kelembapan adalah musuh utama bahan kulit dan dapat menyebabkan jamur," ungkap Brand Manager dari toko tas Elizabeth, Resti Ghita Pribadi, dilansir dari Suara.com.

Penyimpanan di tempat yang terbuka lebih disarankan untuk mencegah tas kulit berjamur dan mengelupas. Penggunaan rutin pun dianjurkan agar tas mendapat sirkulasi udara yang baik sehingga menjaga bentuk dan teksturnya.

Jika punya anggaran lebih, Ghita juga merekomendasikan perawatan tambahan dengan losion khusus tas kulit yang bisa dibeli di toko atau secara daring.

Baca Juga: Gaya Luna Maya Pakai Tas Dior, Cantik Desainnya Etnik

"Losion ini bisa diaplikasikan seminggu sekali untuk menjaga kualitas tekstur kulit," tuturnya.

Ghita menambahkan, perawatan tas berbahan parasut atau nilon relatif lebih mudah. Jika ada noda seperti coretan pulpen atau spidol, coba bersihkan dengan tisu basah sebagai langkah awal. Noda bisa dihilangkan lebih mudah dengan sabun. Misal terdapat noda kotor lainnya, cukup gosok dengan sabun dan air.

Baca Juga: Nia Ramadhani Kondangan Pakai Tas Lawas, Harganya Cuma Rp1 Jutaan

"Bahannya relatif kuat, namun tetap gosok dengan lembut agar bentuk dan fungsinya tetap terjaga," tandasnya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI