Tips Mencuci Celana Jeans Kesayangan Agar Tetap Keren

Ikuti tips ini dan celana jeans kesayanganmu bakal tetap keren!

By: Tinwarotul Fatonah icon Jumat, 17 Agustus 2018 icon 07:00 WIB
Tips Mencuci Celana Jeans Kesayangan Agar Tetap Keren

Celana jeans. (Pinterest)

Rasanya celana jeans jadi andalan semua orang untuk tampil stylish. Celana jeans sangat fleksibel dipadukan dengan atasan apa saja, untuk tampilan kasual maupun semi formal. Tapi kalau kita nggak pandai merawatnya, celana jeans bakal cepat rusak dan warnanya pudar. Nggak keren lagi deh.

Nah, kesalahan paling umum dalam merawat celana jeans ada pada tahap mencucinya. Berikut DewiKu punya tips mencuci celana jeans agar tetap keren. Yuk simak!

1. Cuci pakai tangan

Ketimbang memakai mesin cuci, lebih baik gunakan tanganmu untuk mencucinya. Mesin cuci dapat merusak celana jeans, contohnya celana jeans akan cepat menipis atau mudah melar. Cara mencucinya cukup rendam selama 5-10 menit dalam air dingin dan deterjen lembut. Kucek sedikit lalu jemur.

Celana jeans. (Pinterest)
Celana jeans. (Pinterest)

 

2. Hindari matahari langsung

Saat menjemurnya, sebaiknya hindari meletakkannya di bawah sinar matahari langsung. Hal ini bakal memudarkan warna jeans dan membuatnya kaku. Lebih baik jemur jeans di tempat terbuka tapi nggak terkena sinar matahari langsung. Selain itu jangan lupa untuk membaliknya, bagian dalam jeans menjadi di luar saat dijemur.

3. Jangan menyetrika dengan suhu terlalu panas

Saat proses menyetrika, pastikan celana jeans masih dalam keadaan terbalik seperti saat dijemur. Pastikan sudah benar-benar kering terlebih dahulu baru setrika dengan suhu sedang. Hal ini untuk menghindari munculnya staining atau bercak-bercak putih setelahnya.

4. Jangan sering dicuci

Sebenarnya jeans merupakan material yang kuat dan nggak memerlukan banyak perawatan sehingga nggak perlu sering dicuci. Sebaiknya cuci celana jeans saat sudah benar-benar kotor saja. Kalau ada noda kecil, cukup hapus menggunakan kain basah atau sikat gigi yang diberi sabun lembut.

Celana jeans. (Pinterest)
Celana jeans. (Pinterest)

 

5. Bau? Simpan di kulkas!

Celana jeans-mu bau? Coba deh masukkan celana jeans yang sudah kamu pakai ke dalam kantung plastik atau ziplock bag dan diamkan di dalam freezer semalaman. Semakin dingin dan rendah temperatur, maka semakin besar kemungkinan bakteri penyebab bau itu akan mati. Esoknya bisa kamu angin-anginkan sebentar di tempat terbuka. Ingat, jangan kena panas matahari langsung.

Itulah 5 tips mencuci celana jeans kesayanganmu agar tetap awet dan keren. Selamat mencoba!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI