Tips Mencuci Sepatu Putih untuk Bahan Canvas, Suede dan Kulit

Sekarang kamu bisa pakai sepatu putih favorit tanpa khawatir.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 25 September 2018 icon 12:15 WIB
Tips Mencuci Sepatu Putih untuk Bahan Canvas, Suede dan Kulit

Converse. (Instagram/@converse)

Bisa dibilang, sepatu putih adalah salah satu item fesyen yang wajib punya. Mau dipadukan dengan dress, jeans maupun kaos, semuanya cocok! Sepatu putih bisa bikin keseluruhan tampilanmu makin catchy.

Tapi satu-satunya kekurangan sepatu putih adalah bikin kita harus ekstra hati-hati saat memakainya. Masalahnya cuma satu, takut kalau noda dan goresan yang menempel.

Sebenernya ada kok trik untuk menjaga sepetu putih favoritmu tetap kinclong seperti saat pertama kali membelinya. Dilansir dari In Style, coba deh, terapkan langkah demi langkah mencuci sepatu putih sesuai bahannya berikut ini.

Baca Juga: Stan Smith, Petenis Legendaris yang Jadi Ikon Sepatu Populer

1. Bahan kanvas

Converse. (Instagram/@converse)
Converse. (Instagram/@converse)

Caranya mudah, cukup siapkan soda kue dan cuka putih. Campur satu sendok makan soda kue dengan dua sendok makan cuka putih dan secangkir air hangat hingga menjadi pasta.

Celupkan kain atau sikat gigi bersih ke dalam pasta dan mulailah menggosok kotoran pada sepatu. Campuran soda kue akan mengering cukup cepat. Langkah terakhir, sikat sisa pasta dan biarkan sepatumu kering.

Baca Juga: Inilah Pentingnya Memakai Kaos Kaki sebelum Mengenakan Sepatu

2. Bahan suede

Vans. (Instagram/@vans)
Vans. (Instagram/@vans)

Membersihkan sepatu suede bisa sedikit rumit karena ini adalah kain halus yang mudah kusut. Tapi tenang, ada cara membersihkan sepatu suede dengan lembut dan efektif. Bahan yang kamu butuhkan adalah kain katun lembut, penghapus pensil warna merah muda, cuka putih, serbet kertas dan sikat suede.

Mulailah dengan lap sepatu dengan kain lembut untuk membantu menghilangkan kelembapan. Gosok noda memakai pensil penghapus merah muda dengan lembut.

Setelah itu, tempatkan serbet kertas ke noda basah dan beri tekanan. Pastikan untuk tidak menggosok kotoran dan noda karena mereka bisa menyebar di area lain.

Berikutnya, celupkan kain lembut dengan cuka putih dan gosok perlahan sisa noda yang tersisa. Kalau sudah selesai, biarkan sepatu kering dan kemudian gosok lagi bagian luar setiap sepatu dengan sikat suede. Cara ini akan membantu mengembalikan tekstur beludru.

3. Bahan kulit

Greats. (Instagram/@greatsbrand)
Greats. (Instagram/@greatsbrand)

Kulit adalah salah satu bahan yang mudah dibersihkan karena tidak menyerap air sebanyak bahan lainnya. Untuk mencucinya, yang dibutuhkan adalah serbet kertas, sabun Ivory, kain katun dan sponge pembersih serbaguna.

Pertama-tama basahi serbet kertas, peras air berlebih, dan kemudian bersihkan bagian luar sepatu. Ini akan membantu menghilangkan kotoran besar yang terperangkap di berbagai bagian sepatu. Setelah selesai dengan langkah ini, biarkan sepatumu kering selama 10 menit.

Kemudian untuk bagian sol, basahi sponge serbaguna dan peras kelebihan airnya. Gosok sampai kotoran dan noda hilang.

Langkah pamungkasnya, ambil kain katun dan bubuhkan dengan sabun Ivory. Dalam gerakan lembut kecil, pijat bagian atas sepatu sampai kembali ke warna putih yang sempurna. Bersihkan sisa sabun dengan lap. Setelah langkah terakhir ini, biarkan sepatu kering lagi selama 10 menit.

Baca Juga: 4 Tips Memilih Sepatu Lari yang Tepat dan Nyaman

Nah, sekarang sudah tidak bingung lagi bagaimana caranya mencuci sepatu putih, kan? Namun, mungkin kamu perlu mengulangi prosesnya beberapa kali, ya. Hal itu karena semua tergantung pada seberapa kotor sepatu putihmu.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI