Fashion

Tips Mencuci Baju Putih Biar Tetap Terlihat Baru

Masa wajah sudah kusam, baju putih harus ikutan kusam?

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati

Baju putih. (Unsplash/Isabela Kronemberger)
Baju putih. (Unsplash/Isabela Kronemberger)

Dewiku.com - Baju warna putih, apapun modelnya, bikin penampilan makin terlihat stylish dan bersih. Selain itu, baju warna putih juga jadi must have item karena mudah dipadupadankan. Namun sayangnya, baju putih butuh perawatan ekstra karena bisa cepat kusam dan noda lebih jelas terlihat.

Nah, biar baju warna putihmu tetap kinclong dan nampak selalu baru, berikut tips mencuci baju warna putih agar tidak kusam. Yuk, simak!

1. Langsung cuci kalau terkena noda

Jika baju tertumpah sesuatu, langsung cuci dengan air bersih. Cuci sesegera mungkin saat sampai rumah. Kamu bisa menggunakan berbagai bahan alami untuk menghapus noda untuk langkah awal, seperti misalnya dengan lemon, baking soda, atau cuka. Gunakan pasta gigi untuk menggosoknya tapi jangan terlalu keras. Baru setelahnya cuci dengan deterjen.

Baju putih. (Unsplash/Abdi Lopez)
Baju putih. (Unsplash/Abdi Lopez)

2. Deterjen khusus

Cucilah dengan deterjen yang mengandung pemutih. Ini membantu mencegah baju putih cepat pudar atau menguning.

3. Pisahkan baju putih dengan baju berwarna

Pisahkan cucian baju putih dengan baju yang berwarna, baik ketika mencuci dengan tangan ataupun mesin cuci. Hal ini mencegah risiko baju putih kelunturan. Selain itu, baju putih juga dapat terlihat kusam jika dicuci bersamaan dengan baju berwarna.

Baju putih. (Unsplash/Samuel Schwendener)
Baju putih. (Unsplash/Samuel Schwendener)

4. Cuci setiap dua kali pakai

Kunci menjaga baju putih tetap awet muda adalah jangan sering dipakai. Pakai baju putih maksimal dua kali pakai misalnya untuk hari ini dan besok. Kemudian, langsung cuci baju. Jangan memakai lebih dari dua kali untuk sekali pakai.

5. Jemur di bawah sinar matahari

Kebalikan dengan baju berwarna yang bisa pudar jika dijemur di bawah sinar matahari langsung, kamu justru disarankan menjemur baju putih di bawah sinar matahari setelah mencuci. Konon, sinar matahari dapat berperan sebagai pemutih pakaian alami yang dapat mengatasi noda kekuningan di baju putih.

Bagaimana? Sudah paham cara mencuci baju warna putih? Mudah, kan?

Berita Terkait

Berita Terkini