Terbuat dari Sisa Kopi, Intip Kecenya Sneakers Ramah Lingkungan Ini

Cocok bagi kamu pencinta kopi.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 19 Juli 2019 icon 19:00 WIB
Terbuat dari Sisa Kopi, Intip Kecenya Sneakers Ramah Lingkungan Ini

Rens, sneakers dari kopi. (Rensoriginal)

Di balik menjamurnya coffee shop dan kopi kekinian belakangan ini, bagaimanapun kopi menghasilkan banyak limbah. Bubuk kopi sering berakhir di tempat pembuangan sampah atau dibuang ke bak cuci dan saluran air sehingga berkontribusi terhadap masalah limbah makanan.

Melihat hal tersebut, dua pengusaha asal Helsinki terpikir untuk membuat sepatu dari bekas kopi. Son Chu dan Jesse Tran adalah sneakerhead yang khawatir dengan dampak pencemaran lingkungan.

Keduanya tak bisa menemukan sepatu yang dibuat secara berkelanjutan yang mereka anggap bergaya dan terjangkau. Mereka akhirnya membuat brand sneakers sendiri yang ramah lingkungan dinamai Rens.

Baca Juga: Kanye West Berencana Jadikan Yeezy Lebih Ramah Lingkungan

Seperti dilansir dari World Economic Forum, sneakers tersebut menggabungkan kain yang terbuat dari ampas kopi dengan limbah plastik daur ulang. Itu membuatnya memiliki bahan yang ringan dan cukup tahan lama untuk digunakan sebagai alas kaki.

Sepasang sepatu tersebut terdiri atas 460 gram kopi. Hal ini setara dengan enam botol plastik bekas yang juga digunakan pada setiap pasang sepatunya.

Ilustrasi kopi. (Unsplash/Nathan Dumlao)
Ilustrasi ampas kopi. (Unsplash/Nathan Dumlao)

Tidak hanya itu, bahan baku sisa kopi membuat sepatu memiliki kemampuan menghilangkan bau. Sepatu ini juga memiliki perlindungan UV bawaan guna memastikan warnanya tidak pudar.

Baca Juga: Lebih Ramah Lingkungan, Converse Rilis Koleksi dari Botol Plastik Bekas

Sepatu rens hadir dalam delapan warna termasuk putih, putih, abu-abu, hitam, merah muda, biru, merah, dan krem. Dengan pelanggan di 57 negara, perusahaan akan meningkatkan produksi setelah kampanye penggalangan dana yang sukses.

Baca Juga: Musim Panas 2019, Ini Koleksi Lansiran PUMA Sportstyle Terbaru

Rens, sneakers dari kopi. (Rensoriginal)
Rens, sneakers dari kopi. (Rensoriginal)

"Kami hanya ingin membuat sepatu olahraga terbaik, sesuatu yang secara teknis maju dan berkelanjutan," ungkap Jesse Tran.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI