Fashion

Baju Berwarna Gelap Beneran Bikin Tampak Kurus? Ini Kata Ivan Gunawan

Ini pendapat jujur Ivan Gunawan soal anggapan bahwa baju berwarna gelap membuat seseorang tampak lebih kurus.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi perempuan memakai baju hitam. (Pexels/Kara Muse)
Ilustrasi perempuan memakai baju hitam. (Pexels/Kara Muse)

Dewiku.com - Banyak orang meyakini bahwa baju berwarna hitam atau warna gelap lainnya bisa jadi andalan bagi mereka yang bertubuh bongsor. Benarkah demikian?

Dengan mengenakan pakaian berwarna gelap, katanya, seseorang bisa terlihat lebih ramping dan kurus. Lalu, apakah anggapan tersebut benar.

Desainer Ivan Gunawan pun mengungkapkan pendapatnya. Berbicara dalam acara webinar #4Better Festival, Ivan mengatakan bahwa anggapan tersebut tidak selalu benar.

Menurut Ivan Gunawan, pakaian berwarna gelap seperti warna hitam bukan dipakai supaya tubuh terlihat kurus. Ia sendiri mengaku tak pernah cemas untuk mencoba pakaian yang lebih berwarna cerah.

Ivan Gunawan turut memeriahkan demo makeup YOU.C1000 Beauty Contest. (Istimewa/Dok. YOU.C1000)
Ivan Gunawan turut memeriahkan demo makeup YOU.C1000 Beauty Contest. (Istimewa/Dok. YOU.C1000)

"Aku nggak pernah takut sama warna. Aku gunakan aneka macam warna. Aku selalu katakan bahwa menggunakan busana berwarna tidak membuat kita gendut," ucap Ivan, Minggu (29/8/2021) lalu.

Bagi dia, tubuh yang tampak kurus bukan sekadar dari manipulasi yang dilakukan warna pakaian, melainkan justru benar-benar ada upaya untuk menurunkan berat badan.

"Jadi kalau mau kelihatan kurus, ya bukan pakai baju hitam. Tapi kurangi porsi makan dan olahraga," saran sang desainer.

Walau demikian, ia menekankan bahwa setiap orang sebenarnya memiliki gaya berpakaian masing-masing. Cara terbaik memilih pakaian, kata Ivan, bukan sekadar mengikuti orang atau tren. Terlebih, cara berpakaian juga bisa menjadi representatif diri setiap orang.

"Setiap orang, they have personal style. Terkadang kita tuh gak bisa berdandan seperti orang lain. Jadi, apa yang kita pakai sebetulnya apa yang kita rasakan hari itu," tuturnya.

Ilustrasi perempuan mengenakan baju hitam. (Pexels/cottonbro)
Ilustrasi perempuan mengenakan baju hitam. (Pexels/cottonbro)

Sebagai desainer, Ivan sendiri cukup simpel dalam menentukan gaya busananya. Ia menegaskan bahwa nyaman menjadi faktor penting dalam memilih baju. 

Seperti selama pandemi Covid-19 di mana ia lebih banyak menghabiskan waktu hingga bekerja dari rumah, Ivan mengaku kerap hanya mengenakan kaus.

Dia berkata, "Sekarang juga lebih banyak aktivitas di rumah. Misalnya contohnya aku juga jarang banget terima tamu. Kalau pas lagi ketemu mungkin, kausnya aja dibedakan."

"Jujur ya, aku kalau berpakaian senyamannya. Kadang berubah-ubah. kalau lagi pengen rapi, kalau lagi pengen kasual. Sekarang lagi pengen hip-hop style, gitu," kata dia. (*Lilis Varwati)

Berita Terkait

Berita Terkini