Lifestyle

Supaya Tak Lemas Saat Puasa, Latihan Zumba, Yuk!

Pilih jenis olahraga yang tepat, supaya tidak bikin tubuh kamu lemas, ya, ladies!

Vania Rossa

Olahraga zumba. (Pixabay)
Olahraga zumba. (Pixabay)

Dewiku.com - Lemas dan lesu memang wajar dialami saat puasa. Tapi, bukan berarti kamu hanya tidur-tiduran dan tak melakukan apa-apa, kan? Nah, ada tips oke, nih, supaya tubuh tetap bugar saat puasa. Olahraga! Iya, olahraga. Pilih jenis olahraga yang tepat, supaya tidak bikin tubuh kamu lemas.

Salah satu olahraga yang bisa kamu lakukan di bulan puasa ini adalah zumba. Olahraga zumba ini seperti tarian latin dan menggunakan musik yang energik. Meski olahraga ini dapat menguras tenaga, namun setiap gerakan zumba justru dapat melatih tubuh untuk meningkatkan daya tahan serta membantu pembentukan otot tubuh.

"Sebagai seorang instruktur zumba yang juga menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadan, saya tidak merasa puasa menjadi penghalang untuk berolahraga. Walaupun dengan intensitas yang sedikit lebih rendah, tanpa mengurangi keefektifannya, zumba dapat dijadikan sebagai olahraga yang membantu untuk tetap bugar dan semangat menjalani aktivitas sehari-hari di bulan puasa", kata Liza Natalia, Brand Ambassador Zumba®.

Selain bikin tubuh kamu lebih bugar dan sehat selama bulan puasa, zumba juga dapat membantu menurunkan berat badan, lho. Dengan gerakan yang mudah diikuti namun berintensitas tinggi dan selalu memantau keadaan tubuh, zumba ternyata dapat membakar hingga 350 kalori dalam waktu hanya 30 menit saja. Apalagi jika dilakukan di bulan puasa, lemak akan terbakar lebih mudah saat keadaan perut kosong. Tapi tentunya kamu harus tetap menjaga pola makan selama bulan puasa, ya.

Jadi, kapan sebaiknya melakukan zumba? Kamu bisa melakukan olahraga zumba ini satu atau dua jam sebelum buka puasa. Tujuannya, agar cairan yang terbuang saat latihan dapat cepat tergantikan, dan risiko penurunan gula darah secara drastis juga kecil kemungkinannya terjadi.

Tapi ingat, sebelum melakukan zumba, pastikan kondisi tubuhmu dalam keadaan baik, tidak merasa pusing, atau kelelahan, ya. Setelah mengikuti kelas zumba, istirahatkan tubuh sambil menunggu waktu berbuka, dan pastikan makanan yang kamu konsumsi saat berbuka tidak berlebihan. Jangan lupa untuk minum air mineral 1,5 - 2 liter per hari sehingga tubuh tidak kekurangan cairan tubuh meski kamu rutin berolahraga di bulan puasa.

Berita Terkait

Berita Terkini