Masih Suka Menunda Pekerjaan? Simak Tips Melawannya

Rasa malas itu bisa dikalahkan kok, girls.

By: Dinar Surya Oktarini icon Senin, 18 Juni 2018 icon 20:13 WIB
Masih Suka Menunda Pekerjaan? Simak Tips Melawannya

pexels.com

Apakah kamu termasuk orang yang suka menunda-nunda pekerjaan? Berarti kamu perlu baca ulasan dari Dewiku.com berikut ini.

Menunda-nunda sebuah pekerjaan memang hal yang wajar kita jumpai di sekeliling kita. Alasannya pun beragam, mulai dari susah, malas, sampai mager.

Padahal semakin sering menunda, semakin banyak pula beban yang tercipta.

Walaupun untuk memperbaiki kebiasaan buruk ini ada aja godaannya, tapi tetap bisa dikalahkan kok. Berikut tipsnya!

1. Membuat to-do-list

Terdengar klise sih, tapi cara ini ampuh ketika dihadapkan dengan pekerjaan yang seabrek. Saat bingung menyelesaikan yang mana dulu, kamu bisa buat daftar prioritas dari nomor terkecil ke nomor terbesar. Dan jangan lupa menulis deadlinenya agar selalu ingat untuk tidak menundanya.

2. Satu Per-satu

Jangan panik. Setelah kita kerap membuat banyak daftar pekerjaan, terkadang malah membikin diri sendiri kewalahan dan akhirnya menundanya. Untuk itu mulailah dengan memilih satu hal dulu yang perlu dikerjakan mulai dari yang paling susah. Mengapa? Karena pekerjaan yang susah lebih memakan waktu dari yang mudah.

3. Mulai sekarang juga

Kalau rasa malasmu mulai melanda, coba teriakkan dalam hati : Mulailah sekarang juga! Karena biasanya rasa malas itu hilang ketika kita sudah sibuk mengerjakan sesuatu. Jadi sebenarnya rasa malas itu hanya di pikiran saja.

4. Mencicil

Buat kamu yang suka menyelesaikan pekerjaan saat mepet deadline, sekarang coba deh terapkan strategi mencicil biar ritme kerjamu teratur. Cara itu bakal berguna untuk melawan rasa bosan dan tingkat kesulitan di setiap pekerjaan.

5. Hindari Pendistraksi

Kunci mengalahkan kebiasaan menunda-nunda pekerjaan adalah FOKUS. Untuk itu, enggak hanya niat yang perlu diluruskan, tapi juga suasana yang mendukung. Temukan tempat dan waktu di mana kamu bisa bekerja tanpa gangguan. Setelah itu, matikan ponsel dan alat elektronik yang sekiranya bisa mengganggu fokusmu. Kemudian kerjakanlah tugas tersebut selama 25 menit. Jika sudah melewati waktu tersebut, kamu bisa istirahat barang semenit dua menit biar pikiranmu segar kembali.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI