Tips Biar Tubuh Tetap Bugar Walau Tidur Sebentar

Kuncinya: tidur harus berkualitas.

By: Dinar Surya Oktarini icon Senin, 18 Juni 2018 icon 21:02 WIB
Tips Biar Tubuh Tetap Bugar Walau Tidur Sebentar

pexels.com

Pada umumnya, manusia memerlukan waktu delapan jam untuk tidur. Namun karena segudang aktivitas, enggak jarang kita jadi mengorbankan waktu tidur.

Padahal tidur yang cukup penting untuk memperlancar metabolisme dan regenerasi sel-sel dalam tubuh.

Dampak kurang tidur pun bisa langsung terasa keesokan harinya. Badan pun menjadi kurang bugar untuk beraktivitas.

Nah, berikut Dewiku.com rangkum tips sederhana agar tubuh tetap bugar walau tidur hanya sebentar. 

Matikan Lampu dan Suara

Dengan tidur di ruangan gelap, produksi hormon melatonin dalam tubuh akan lebih maksimal. Sehingga kita bisa mendapat tidur yang nyenyak dan bangun lebih segar. Selain itu jauhkan berbagai jenis gadget dari tempat tidur. Karena dengan adanya gadget kamu bisa jadi tergoda untuk memainkannya. Coba ganti aktivitas lain seperti membaca buku.

Lingkungan Tidur yang Nyaman

Buatlah lingkungan atau kamar tidur senyaman mungkin. Caranya bisa dengan mengganti kasur yang lebih empuk, menyalakan kipas atau AC agar tidak gerah atau kalau perlu ubah dekorasi kamar secara berkala untuk mengubah suasana hati

Jangan Makan Berat Sebelum Tidur

Biasanya setelah makan berat di siang hari, mata akan terasa berat. Tapi jangan terapkan ini mendekati waktu tidur karena akan membuat perut terasa begah dan sulit tidur.

Karena tidur tidak hanya mengistirahatkan mata, tapi juga tubuh secara keseluruhan. Maka dari itu jangan membebani sistem pencernaan untuk bekerja keras mencernanya. Disarankan setidaknya dua jam sebelum tidur kita tak makan berat.

Lakukan Olahraga Ringan

Tubuh yang Lelah, akan mendatangkan kantuk semakin mudah. Coba deh Luangkan waktu 10-15 menit untuk melakukan olahraga ringan sebelum tidur. Bisa seperti melakukan push up, sit up atau squat jump.

Jangan Minum Kopi Sebelum Tidur

Minuman yang mengandung kafein merupakan stimulant yang bakal membuat tubuh terjaga lebih lama. Untuk itu, lebih baik hindari kebiasaan ngopi sebelum tidur. Kamu bisa menggantinya dengan susu agar lebih rileks.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI