Lifestyle

Jarang Diketahui, Inilah 4 Manfaat Minyak Biji Anggur

Jika dikonsumsi dalam takaran yang pas, minyak biji anggur bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dinar Surya Oktarini | Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi minyak biji anggur / Pinterest
Ilustrasi minyak biji anggur / Pinterest

Dewiku.com - Minyak biji anggur atau grapeseed oil mungkin memang belum setenar minyak zaitun atau produk sejenis lainnya. Namun, minyak esensial ini ternyata memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan tubuh.

Apa saja ya manfaatnya?

1. Menjaga kesehatan jantung

Ilustrasi pemeriksaan jantung / pexels.com www.pexels.com

Minyak biji anggur kaya akan asam lemak tak jenuh ganda, kandungan terutama omega-6. Mengonsumsi minyak biji anggur secara teratur akan membantu mengurangi kolesterol dan resiko penyakit jantung.

Namun, kalau kamu sudah mendapatkan asupan asam lemak omega-6 dari sumber makanan lainnya, lebih baik tidak perlu lagi ditambah dengan minyak biji anggur. Terlalu banyak mengonsumsi asam lemak omega-6 justru akan memicu peradangan dalam tubuh.

2. Melindungi tubuh dari ancaman radikal bebas

Ilustrasi minyak biji anggur / pixabay.com www.pixabay.com

Minyak biji anggur mengandung vitamin E yang tinggi, bahkan lebih dari minyak zaitun. Vitamin E bekerja sebagai antioksidan yang berfungsi melindungi sel-sel tubuh dari ancaman radikal bebas yang kerap dikaitkan dengan beberapa jenis penyakit kronis, seperti kanker. Di sisi lain, vitamin E juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Menjaga kesehatan kulit

pexels.com www.pexels.com

Kombinasi omega-6 dan vitamin E akan melawan segala bentuk ancaman radikal bebas. Minyak biji anggur mudah diserap kulit, tidak menyumbat pori-pori, dan cocok untuk semua jenis kulit. Fungsinya tidak hanya melembapkan kulit, tetapi juga mengatasi masalah jerawat, mencerahkan warna kulit, mengencangkan pori-pori, serta memudarkan bekas luka.

Cukup dengan mengoleskan beberapa tetes minyak biji anggur pada kulit wajah atau bagian tubuh lainnya sebelum tidur di malam hari, sambil dipijat lembut. Hal serupa bisa diulang pada pagi hari setelah bangun tidur.

4. Menjaga kesehatan rambut

ilustrasi/pinterest.com Pinterest

Kamu yang punya masalah ketombe bisa mencoba mengoleskan minyak biji anggur ke kulit kepala. Sel kulit mati akan mengelupas dan kembali terjaga kelembapannya.

Kamu juga bisa mengoleskan beberapa tetes minyak biji anggur ke rambut dan kulit kepala sesaat sebelum keramas untuk memperkuat akar rambut dan mendapatkan rambut yang lebih berkilau.

Tertarik menggunakan minyak biji anggur? Nah, ada tips khusus yang perlu diperhatikan, terutama jika kamu mau menjadikan minyak esensial ini sebagai salah satu skin care andalan.

Untuk mendeteksi kemungkinan adanya alergi, coba oleskan sedikit dulu ke punggung tanganmu. Tunggu hingga setidaknya 1x24 jam untuk melihat reaksi yang ditimbulkan. Kalau memang nihil, berarti bakal aman juga saat kamu olehkan ke kulit wajah atau bagian tubuh lainnya.

Berita Terkait

Berita Terkini