Jangan Buru-buru, Flu yang Belum Parah Enggak Perlu Minum Obat

Ingat-ingat ya, asal belum parah enggak perlu minum obat apalagi antibiotik kok.

By: Tinwarotul Fatonah icon Selasa, 19 Juni 2018 icon 21:41 WIB
Jangan Buru-buru, Flu yang Belum Parah Enggak Perlu Minum Obat

pexels.com

Saat terserang penyakit flu, rasa enggak nyaman pasti menghampiri. Mulai dari bersin-bersin, sakit kepala dan hidung tersumbat.

Walaupun bukan penyakit berat, flu sangatlah mengganggu produktivitas. Tapi jangan buru-buru minum obat, karena flu bisa sembuh dengan sendirinya, asalkan gejalanya belum parah.

Berikut Dewiku.com rangkum hal-hal yang perlu kamu lakukan agar flu segera hilang dari tubuhmu2 

1. Perkuat Tubuh

pexels.com

pexels.com

Gejala flu akan timbul setelah satu hingga dua hari terserang virusnya. Kalau enggak segera dilawan, kondisi tubuh bakal makin parah dan menyebabkan demam hingga radang.

Maka dari itu, perkuat tubuh dengan asupan bergizi dan berprotein tinggi seperti susu, telur dan daging. Selain itu konsumsi juga buah yang kaya vitamin C seperti jeruk, jambu dan pisang.

Hindari udara dingin dan mandi saat malam hari. Minum-minuman hangat seperti wedang jahe atau bandrek juga bisa membantu mengurangi hidungmu yang tersumbat.

 2. Rajin basuh tangan dan pakai masker

pexels.com

pexels.com

Seperti yang diketahui, telapak tangan dan jari adalah tempat yang rentan akan virus. Lewat tangan, virus bisa berpindah dari satu barang ke barang lainnya.

Enggak heran jika kamu berada dalam satu ruangan dengan orang yang terkena flu, kamu bisa saja tertular.

Untuk itu rajinlah memakai masker dan cuci tangan dengan sabun agar virus flu enggak jadi bersarang di tubuhmu. 

3. Cukup Tidur

pexels.com

pexels.com

Orang yang terkena flu haram hukumnya untuk begadang. Kondisi kurang tidur bakal menambah rentan tubuh terjangkit virus flu.

Obat terbaik saat flu mulai menyerang adalah istirahat yang cukup, itulah mengapa banyak obat yang mempunyai efek samping menyebabkan kantuk karena si penderita dipaksa untuk beristirahat.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI