Lifestyle

5 Kebiasaan saat Pagi Hari Ini yang Bikin Berat Badanmu Stuck

Sepele sih, tapi berpengaruh banget, lho.

Rendy Adrikni Sadikin | Yasinta Rahmawati

pexels.com
pexels.com

Dewiku.com - Sudah melakukan banyak cara agar berat badan turun tapi angka timbangan masih di situ-situ aja? Mungkin kamu enggak sadar melakukan kebiasaan di pagi hari yang bikin beratmu naik.

Pagi hari jadi fondasi penting untuk menentukan bagaimana aktivitas kita seharian. Jadi, sangat penting untuk membangun kebiasaan baik saat pertama kali bangun tidur. Dilansir dari thehealthsite.com, inilah beberapa kebiasaan pagi hari yang bikin berat badanmu stuck.

1. Bangun Siang

pexels.compexels.com

Kurang tidur bikin berat badan naik, begitupun dengan kebanyakan tidur. Walau katanya tidur juga termasuk membakar kalori, namun nyatanya kebanyakan tidur bakal meningkatkan hormone kortisol yang merangsang nafsu makan.

Riset dalam jurnal PLOS One pun menemukan fakta bahwa tidur lebih dari 10 jam semalam juga berisiko meningkatkan indeks massa tubuh.

2. Membiarkan Kamar Tetap Gelap

pexels.com

pexels.com

Orang yang usai bangun tidur tidak terpapar cahaya matahari bakal memiliki berat badan lebih banyak. Dalam jurnal PLOS One menyebutkan orang yang beraktivitas 20-30 menit di bawah sinar matahari pagi memiliki indeks massa tubuh lebih rendah.

3.  Enggan Menata Kasur

pexels.com

pexels.com

Sebuah survei yang dilakukan oleh National Sleep Foundation menemukan bahwa mereka yang rajin menata tempat tidur cenderung tidur lebih nyenyak di malam harinya. Dan saat kamu tidur nyenyak, metabolisme jadi lancar sehingga kamu bisa terhindar dari kegemukan.

4. Enggak Menimbang Berat Badan

pixabay.com

pixabay.com

Riset dari Cornell University menemukan fakta bahwa mereka yang menimbang berat badannya setiap hari lebih sukses menurunkan berat badannya daripada mereka yang tidak.

Menimbang berat badan di pagi hasilnya lebih akurat karena setelah metabolisme di malam hari, berat badan akan berkurang. 

5. Melewatkan Sarapan

pixabay.com

pixabay.com

Dengan melewatkan sarapan, bakal memicu hasrat untuk makan lebih banyak atau ngidam (carving). Jadi selain memberi energi untuk beraktivitas di pagi hari, sarapan juga penting untuk menekan porsi makanmu di siang hari.

Berita Terkait

Berita Terkini