Lifestyle

Earphone Bisa Jadi Sarang Kuman, Bersihkan Pakai Cara Ini

Jadi, kapan kamu terakhir kali membersihkan earphone-mu?

Tinwarotul Fatonah | Yasinta Rahmawati

pexels.com
pexels.com

Dewiku.com - Bagi pecinta musik, menggunakan earphone untuk mendengarkan lagu udah jadi rutinitas.

Tapi tahu enggak sih, penggunaan earphone yang terlalu sering rupaya dapat menumpuk kuman di telinga. Belum lagi kalau earphone mu dipinjam oleh teman, ewh! Kalian jadi tukeran kuman deh.

Nah jadi apakah kamu udah membersihkan earphonemu sejak pertama kali membelinya? Enggak susah kok membersihkan earphone, simak ulasan Dewiku.com berikut ini untuk tahu caranya!

1. Antiseptik

Sekali-kali, kamu bisa bersihkan earphone dari bakteri yang menempel dengan cairan antiseptic. Caranya, campurkan 30 persen cairan antiseptik dengan  70 persen air. Kemudian celupkan kapas atau tisu untuk mengelap earphone.

Namun pastikan earphone-mu ini sudah tidak tersambung dengan berbagai device untuk menghindari korsleting.

2. Pakai Tisu Basah

Untuk pembersihan secara berkala, kamu bisa mengelap earphone-mu sebelum dan sesuai memakainya untuk menghilangkan dan mencegah kuman dan kotoran masuk ke dalam earphone. Kalau bisa pilih yang anti-bacteria sekalian ya!

3. Cotton Buds dan Tusuk Gigi

Biar bersihnya maksimal, gunakan cotton buds untuk menghilangkan kotoran yang menempel di sela-sela lubang headset. Pembersihan ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan tusuk gigi, agar lubang-lubang pada earphone bisa lebih bersih dan terbebas dari kotoran.

4. Sikat Gigi

Kalau ada sikat gigit, kamu juga bisa membersihkan lubang-lubang pada kepala earphone dengan menggunakan sikat gigi. Pakai bagian ujungnya untuk menggosok deatil-detail earphone.

Sikat gigi juga bisa digunakan untuk membersihkan bagian kabel earphone yang berwarna putih. Biar lebih bersih, gosok pakai cairan kayu putih atau baby oil.

 

Berita Terkait

Berita Terkini