Lakukan Hal Ini Agar Gaji Kalian Awet Sampai Akhir Bulan

Poinnya, berapa pun besaran nominal gaji kalian jika tidak pandai mengatur, pasti akan pailit pada akhir bulan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 26 Juni 2018 icon 21:00 WIB
Lakukan Hal Ini Agar Gaji Kalian Awet Sampai Akhir Bulan

Ilustrasi hemat /Pexels.com

Gaji cuma numpang lewat doang nih,” atau “Duh, pinjem duit dulu dong, belum gajian.” Kalian pasti familiar dengan percakapan itu, terutama jika sudah mendekati akhir bulan.

Sebenarnya berapa pun besaran nominal gaji kalian, jika tidak pandai mengatur, maka ujung-ujungnya akan mentok pada percakapan poin kedua, “Pinjem duit dulu dong.” Ayo siapa yang masih suka begitu? Ngaku deh.

Girls, sudah saatnya introspeksi dengan mengubah gaya hidup kita agar gaji bulanan bisa awet hingga detik terakhir. Caranya simpel banget kok. Ikutin tips dan triknya di bawah ini ya!

Menabung

Menabung nggak harus nominal besar kok. Intinya kalian cuma butuh konsistensi. Biar lebih tertata, sebaiknya kalian membagi uang tabungan segera setelah menerima gaji. Sisihkan 10% dari gaji sudah cukup, asal rutin dilakukan setiap bulan.

Ilustrasi foto / pixabay.com
Ilustrasi foto / pixabay.com

Cicilan

Setelah menabung, hal berikutnya jelas bukan foya-foya, tapi dahulukan cicilan kalian. Ini untuk menghindari keteteran di pertengahan bulan. Nggak mau kan, setelah bayar cicilan trus kita jadi ngirit sampai pailit?

ilustrasi cicilan/pexels.com
Ilustrasi cicilan/pexels.com

Sediakan uang tunai alias duit cash

Kurangi kebiasaan membayar dengan kartu, karena secara tidak langsung itu akan membangun kebiasaan boros buat kita. Mulai sekarang, ada baiknya jika kita bawa uang cash kemana-mana. Tapi jangan dengan nominal besar ya, karena peluang kebablasannya juga besar. Bawa uang cash secukupnya saja.

ilustrasi kartu kredit/pexels.com
Ilustrasi kartu kredit/pexels.com

Membawa bekal

Yup, ini juga alternatif berhemat ala Dewiku.com. Dengan membiasakan diri bawa bekal dari rumah, kalian otomatis bisa menekan pengeluaran untuk biaya makan diluar. Selain hemat, bawa bekal dari rumah juga lebih terjamin karena standar kebersihan dan gizinya sesuai dengan yang kita inginkan.

ilustrasi bekal/pinterest.com
Ilustrasi bekal/pinterest.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI