Merasa Cukup Tidur Tapi Masih Ngantuk? Ini Sebabnya

Mulai sekarang hindari hal-hal di bawah ini agar enggak sering ngantuk lagi.

By: Tinwarotul Fatonah icon Rabu, 27 Juni 2018 icon 11:52 WIB
Merasa Cukup Tidur Tapi Masih Ngantuk? Ini Sebabnya

pinterest.com

Kondisi sering mengantuk dan menguap memang cukup mengganggu. Selain menghambat produktivitas, mengantuk di waktu yang rawan seperti berkendara juga bahaya, lho.

Mengantuk karena sering begadang sih wajar, tapi bagaimana kalau sudah cukup tidur tapi masih saja mengantuk?

Mungkin ulasan Dewiku.com berikut ini dapat menjawab penyebabnya.

1. Kurang darah

Salah satu alasan sering mengantuk adalah kurang darah. Kurang darah bisa mengakibatkan 6L : lemah, leleh, letih, lesu, lunglai, lemas.

kekurangan darah menyebabkan tubuh kurang zat besi. Sehingga, sel darah merah yang diperlukan untuk membawa oksigen ke jaringan dan organ tubuh pun berkurang, termasuk ke kepala. Akhirnya menyebabkan sering merasa ngantuk.

2. Kurang aktivitas fisik

Jika kamu selama ini menganggap olahraga bisa bikin ngantuk karena kelelahan, buang anggapan itu jauh-jauh. Justru dengan rajin olahraga dan aktivitas fisik lainnya, peredaran darah menjadi lancar dan badan pun jadi lebih segar.

3. Kurang minum/dehidrasi

Walau terlihat sepele, jangan lupa untuk penuhi kebutuhan cairan setiap hari. Selain membuat metabolisme tubuh kurang optimal, dehidrasi juga memperlambat kecepatan jantung mengirim oksigen.

Dan jangan lupakan fakta bahwa 75% isi otak adalah air, jadi kalau tubuh kekurangan air otomatis berdampak ke otak. Otak pun kurang fokus.

4. Jam biologis tubuh terganggu

Jam biologis tubuh yang kacau bisa bikin ngantuk seharian. Jam biologis mengikuti segala perubahan pada aktivitas fisik, mental, dan perilaku manusia dalam siklus 24 jam.

Setiap organ tubuh memiliki jadwal-jadwal tertentu saat organ tersebut bekerja lebih maksimal atau justru harus beristirahat.

Maka dari itu usahakan untuk selalu menepati jadwal yang sudah diatur secara alami oleh jam biologis tubuhmu.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI