Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Jenguk Teman Pasca Melahirkan

Jangan asal datang, perhatikan lima hal di bawah ini sebelum menjenguk teman yang baru melahirkan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 27 Juni 2018 icon 12:35 WIB
Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Jenguk Teman Pasca Melahirkan

Pexels.com

Di usiamu yang sudah menginjak 20 tahun ke atas, pasti banyak dari teman-temanmu yang telah menikah bahkan sedang menyambut anak pertama.

Ketika mendengar kabar bahagia teman yang baru saja melahirkan, pasti ada keinginan untuk menjenguknya. Eits, tapi enggak asal jenguk juga kan? Berikut ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika menjenguk ibu dan bayinya yang baru saja lahir.

1. Menyentuh Bayi

Bayi memang menggemaskan, tapi minta izin dulu sama ibunya boleh menyentuh si bayi atau enggak. Karena lahiran anak pertama, biasanya ibu-ibu muda bakal over protektif karena enggak mau anaknya kenapa-napa.

2. Datang dengan banyak orang

Sama seperti menjenguk orang sakit, ibu dan anak yang baru lahir butuh ketenangan. Maka dari itu ada baiknya enggak menjenguk dengan bergerombol atau ramai-ramai. Hindari juga membawa anak kecil agar suasana kondusif dan nyaman.

3. Jaga sikap

Sadari untuk menjaga sikap. Bicaralah sopan dan seperlunya. Kecilkan volume suara agar si bayi yang tidur enggak terbangun.

4. Terlalu banyak memberi nasihat

Hamil dan melahirkan adalah proses panjang dan berat, tentu saja semua ibu merasakan lelah yang luar biasa. Mungkin kamu juga memiliki banyak pengetahuan tentang perawatan paska melahirkan atau malah kebetulan sudah berpengalaman lebih dulu. Namun, tidak perlu sok-sokan memberi nasihat panjang lebar yang justru bikin capek dan kesal si ibu yang dijenguk.

5. Bawa bingkisan

Menjenguk ibu yang baru melahirkan pasti kurang rasanya kalau enggak bawa bingkisan. Biasanya orang-orang akan memberi peralatan untuk bayi, tapi kamu juga bisa memberi bingkisan untuk si ibu, seperti paket perawatan salon atau spa khusus ibu pasca bersalin biar dia rileks.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI