Masih Takut Bicara Depan Publik? Ini Tipsnya

Kuncinya adalah latihan, latihan, dan latihan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 28 Juni 2018 icon 16:54 WIB
Masih Takut Bicara Depan Publik? Ini Tipsnya

Ilustrasi foto / Pinterest.com

Bagi sebagian orang, berbicara di depan orang banyak atau public speaking merupakan hal yang menakutkan. Gemetar dan keringat dingin akan langsung muncul.

Apakah kamu salah satu orang punya ketakutan itu? Mulai sekarang, coba lawan rasa takutmu ya. Karena bicara depan umum dapat memberi manfaat untuk memperluas link dan karirmu kelak.

Kalau kamu masih bingung bagaimana keluar dari kondisi tersebut, jangan khawatir! Berikut sudah Dewiku.com rangkum cara yang bisa dicoba untuk mengatasi rasa takut berbicara di depan publik.

1. Lawan rasa malu

pinterest.com
pinterest.com

Malu jadi alasan terbesar yang membuat takut berbicara depan publik.  Untuk melawannya, kamu bisa anggap semua orang di hadapanmu adalah sama. Singkirkan dulu jabatan yang mungkin mereka pegang. Dengan begitu, nggak ada lagi alasan untuk malu kan? Kalian sama-sama manusia lho.

2. Sering bertanya

pinterest.com
pinterest.com

Rasa takut untuk bicara depan publik bisa kamu latih dengan sering bertanya saat mengikuti rapat ataupun acara-acara seperti seminar. Dengan begitu, kamu akan terbiasa bicara depan orang banyak.

Jangan takut dianggap bodoh. Bisa saja orang lain juga punya pertanyaan yang sama denganmu tapi takut mengutarakannya. Kamu jadi terlihat selangkah lebih maju dibanding mereka kan?

3. Lakukan persiapan matang

pinterest.com
pinterest.com

Nggak ada manusia yang lahir langsung mahir presentasi. Kemahiran mereka adalah akumulasi dari latihan yang sudah-sudah. Maka melakukan persiapan sebelum presentasi bagi kamu yang nggak pede adalah keharusan. Tujuannya jelas supaya kamu menguasai materi dan nggak gugup nantinya.

Semangat, Girls!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI