Perubahan Tanda Fisik Ini Bisa Jadi Indikator Kesehatanmu Lho!

Coba perhatikan tujuh perubahan tanda fisik yang bisa jadi menggambarkan bagaimana kondisi kesehatanmu.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 28 Juni 2018 icon 19:34 WIB
Perubahan Tanda Fisik Ini Bisa Jadi Indikator Kesehatanmu Lho!

ilustrasi kesehatan/pinterest.com

Kalian pasti pernah ngeri mendengar cerita seorang kerabat yang terkena penyakit berat dan baru terdeteksi setelah memasuki stadium akhir

Sebenarnya, sebelum terdeteksi pada stadium akhir, tubuh sudah berusaha memberi sinyal. Hanya saja, sinyal ini terlalu lemah untuk dianggap serius oleh diri kita sendiri.

Waspada, Girls! Agar kita dapat terhindar dari situasi seperti itu, coba perhatikan tujuh perubahan tanda fisik yang bisa menjadi indikator kesehatanmu berikut ini.

Lebam pada permukaan tubuh

Lebam atau memar yang terlihat pada tubuh seringkali kita sepelekan. Padahal jika timbul terus menerus, itu bisa jadi pertanda bawa ada yang tidak beres dengan kesehatanmu. Kekurangan vitamin C juga bisa menyebabkan memar pada tubuh.

Warna lidah berubah

Perubahan warna lidah juga bisa jadi indikator kesehatan. Tubuh yang sehat akan terlihat dari lidah yang berwarna pink segar dan tidak berbau. Jika permukaan lidahmu terlihat lapisan putih, bisa jadi kamu sedang mengalami gangguan pencernaan. Untuk tahap yang lebih serius, lidah berwarna kuning adalah pertanda adanya penyakit liver.

ilustrasi lidah/pinterest.com
ilustrasi lidah/pinterest.com

Perubahan berat badan yang drastis

Kurang tidur atau faktor hormonal bisa menyebabkan berat badan turun drastis. Hal lainnya bisa disebabkan karena masalah pada kelenjar tiroid.

Gusi tiba-tiba memerah

Jika gusi tiba-tiba merah dan bengkak meradang, kemungkinan ada gangguan pada rongga mulut seperti Gingivitis atau Periodontitis alias peradangan pada gusi.

Bola mata tidak putih

Bola mata yang berwarna kekuningan menandakan adanya gangguan pada hati. Jika kamu menemukan rona kemerahan di area putih bola mata, mungkin bisa dikarenakan infeksi atau penyakit mata tertentu. 

Bengkak pada kaki atau tangan

Pembengkakkan pada kaki atau tangan sering dialami oleh penderita endema. Ciri khususnya adalah bengkak yang terjadi setelah beraktivitas sepanjang hari. Hal ini bisa disebabkan adanya gangguan pada hati dan tekanan darah. 

ilustrasi kuku/pinterest.com
ilustrasi kuku/pinterest.com

Muncul bercak pada kuku

Kuku yang sehat tidak akan memperlihatkan tanda berupa warna kuning, coklat, atau bercak hitam dan putih. Jika ini terjadi, waspadai gejala infeksi jamur atau yang dikenal sebagai onychomycosis. Selain itu, warna yang berubah juga bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin D, B1, dan kalsium.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI