Waspada Girls, Camilan Favorit Ini Ternyata Picu Kanker

Parahnya lagi, cemilan ini termasuk favorit semua kalangan!

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 02 Juli 2018 icon 15:22 WIB
Waspada Girls, Camilan Favorit Ini Ternyata Picu Kanker

soda/pinterest.com

Mengemil bisa dikategorikan sebagai salah satu nikmat dunia yang hakiki. Entah itu saat nonton film, ngerumpi sama teman kos atau nongkrong di kafe, semuanya baru terasa lengkap kalau camilan selalu standby di sebelah kita. Sayang, di balik nikmatnya ngemil, ternyata ada resiko yang harus kalian ketahui, seperti berpotensi memicu berbagai penyakit.

Bukan bermaksud menakut-nakuti. Faktanya, memang ada beberapa cemilan yang patut diwaspadai karena mengandung bahan tertentu yang bisa memicu kanker dalam komposisinya. Parahnya lagi, cemilan ini termasuk favorit semua kalangan! Duh, langsung dicek yuk! Camilan apa saja ya yang dimaksud?

Keripik Kentang

Nggak perlu sebut merk ya. Tapi rata-rata keripik kentang kemasan yang dijual di supermarket sudah dibumbui dengan banyak bahan, salah satunya yang mengandung akrilamida. Bahan kimia ini termasuk karsinogenik alias dapat memicu kanker.

Bukan berarti kalian harus berhenti ngemil keripik kentang sih. Sebaiknya batasi dalam jumlah yang sewajarnya. Jika ada pilihan keripik kentang home made, itu akan lebih bagus lagi karena komposisi bahannya sudah bisa kita pastikan aman.

keripik kentang/pinterest.com
keripik kentang/pinterest.com

Popcorn

Mimpi buruk tentang cemilan belum berakhir, Girls! Kali ini cemilan wajib saat ke bioskop juga disebut sebagai pemicu kanker. Meskipun ini tidak berlaku untuk semua popcorn, tapi beberapa produsen popcorn ada yang menggunakan jagung non-organik dengan bahan kimia cukup tinggi. Selain itu, kandungan perfluorooctanoic acid (PFOA) dalam popcorn juga bisa memicu kanker payudara.

Solusinya, kamu bisa membuat sendiri popcornmu dengan bahan organik yang banyak tersedia dalam supermarket besar. Selain lebih sehat, juga lebih hemat lho.

popcorn/pinterest.com
popcorn/pinterest.com

Minuman Soda

Duh, bahkan minuman yang hampir setiap hari kita beli ini juga memicu kanker? Come on, Girls! Hangan terlalu banyak mengkonsumsi minuman bersoda ya. Selain tinggi kadar gula, minuman bersoda juga memiliki beberapa bahan kimia tambahan yang tidak baik untuk kesehatan, termasuk bisa memicu kanker.

Menurut laman healthsite.com,  pewarna minuman bersoda mengandung zat kimia bernama 4-Mel yang berpotensi menjadi karsinogen dan menyebabkan kanker.

minuman soda/pinterest.com
minuman soda/pinterest.com

Dalam sebuah penelitian dari Consumer Reports dan Center for Livable Future Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health juga terdapat fakta mengejutkan. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa dari 110 sampel minuman bersoda, semuanya diketahui mengandung sekitar 3,4 sampai 352,5 mikrogram 4-Mel pada tiap kaleng atau botol,  kecuali yang berwarna bening. Wow!

Minum soda sebagai selingan tentu masih bisa kamu lakukan. Tapi jangan kebanyakan ya! Sebaiknya kamu perbanyak minum air putih untuk hidup yang lebih sehat.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI