Bikin Ingatan Makin Tajam, Coba Lakukan 5 Hal Ini Secara Teratur

Masih muda tapi sering lupa? Coba lakukan 5 hal ini secara teratur. Dijamin ingatanmu secara perlahan akan kembali tajam.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 03 Juli 2018 icon 08:41 WIB
Bikin Ingatan Makin Tajam, Coba Lakukan 5 Hal Ini Secara Teratur

Ilustrasi berpikir / woman.ng

Masih muda tapi pelupa? Waduh, jangan sampai deh. Beberapa orang memang memiliki masalah dengan ingatannya. Tak bisa mengingat sesuatu dalam jangka waktu lama, misalnya.

Hal ini tentunya bisa berbahaya buat kamu lho. Contohnya, kamu lupa kalau sudah janjian konsultasi dengan dosen pembimbing atau lupa kalau ada meeting di kantor. Nah, jangan kepikiran dulu.

Kali ini Dewiku.com punya tips dan solusi buat kamu yang memiliki daya ingat yang lemah. Dilansir dari Reader's Digest, cek yuk 5 hal yang bisa bikin ingatan kamu makin tajam.

1. Terus belajar hal baru

Cara mempertajam daya ingat
Cara mempertajam daya ingat / www.rd.com

Kegiatan yang memiliki nilai tertinggi untuk kesehatan otak adalah aktivitas yang baru dan kompleks. Tapi ingat, apa yang menantang bagi seseorang belum tentu menantang bagimu. 

Jadi, lakukan hal-hal yang menantang bagimu. Terus belajar hal-hal baru akan memastikan otak selalu berkembang dan tetap tajam.

2. Olahraga teratur

Olahraga teratur bisa mempertajam daya ingat
Olahraga teratur bisa mempertajam daya ingat / www.rd.com

Anggapan ini mungkin kamu anggap sepele, tapi ternyata punya banyak manfaat lho. Olahraga yang dilakukan secara rutin mungkin bisa mempertajam daya ingat dan membantu memperlambat jalannya alzheimer atau penyakit yang menghancurkan memori dan fungsi mental secara perlahan.

Olahraga juga meningkatkan energi serta kesehatan otak. Bukan hanya itu, olahraga juga mengurangi risiko depresi dan kecemasan.  Kamu bisa lakukan olahraga ringan seperti lari, minimal 2 kali seminggu.

3. Bersosialisasi

Jangan lupa bersosialisasi ya
Jangan lupa bersosialisasi ya / www.rd.com

Teman memberikan kesempatan untuk berbagi pengalaman, pembelajaran baru, tantangan, emosi serta kepercayaan. Terlibat dalam kegiatan baru dengan teman-teman akan membantumu mengembangkan peran hidup baru.

Ini bisa memberi kamu kesempatan untuk merasa dihargai, menikmati hidup, tertawa dan bersenang-senang. Organisasi sosial atau tim olahraga adalah tempat yang bagus untuk mengembangkan hubunganmu dengan orang lain.

4. Keheningan terkadang diperlukan

Keheningan juga diperlukan untuk mempertajam ingatan
Keheningan juga diperlukan untuk mempertajam ingatan / www.rd.com

Kamu mungkin hanya punya sedikit waktu untuk bersantai. Padahal otak memerlukan waktu untuk memproses informasi lebih dalam, untuk mendapatkan lebih banyak manfaat dari pengalaman sehari-hari.

Gaya hidup yang serba cepat dapat menyebabkan stres kronis dan memiliki efek negatif lainnya pada kesehatan dan kesejahteraan. Mengurangi tuntutan pada dirimu merupakan langkah penting untuk mengurangi stres.

Beberapa penelitian telah menunjukkan hubungan antara spiritualitas dan sistem kekebalan tubuh, dan ini pastinya akan membuat ingatanmu menjadi lebih baik.

5. Kurangi rokok, minum dan obat-obatan lainnya

Kurangi rokok, minum, serta obat-obatan
Kurangi rokok, minum, serta obat-obatan / www.rd.com

Rokok, minum serta obat-obatan dapat menurunkan fungsi tubuh, merusak proses kognitif, mengubah emosi, serta mengurangi fokus, perhatian dan ingatan. 

Rokok merupakan penyebab utama dari selusin kanker termasuk pari-paru, mulut, perut dan kanker hati. Belum lagi aroma serta noda yang tertinggal pada mulut dan rambut!

Gampang kan tipsnya? Selamat mencoba memperkuat daya ingatmu, Girls!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI