Sering Merasa Gatal di Area Intim? 5 Bahan Alami Ini Solusinya

Rasa gatal pada area intim membuat seseorang merasa tak nyaman. Bahan-bahan alami berikut bisa jadi solusi bebas dari rasa gatal.

By: Tinwarotul Fatonah icon Selasa, 03 Juli 2018 icon 17:16 WIB
Sering Merasa Gatal di Area Intim? 5 Bahan Alami Ini Solusinya

Ilustrasi rasa gatal area intim/THISDAYLIVE

Rasa gatal di area intim seringkali membuat tak nyaman.  Dibandingkan pria, wanita justru lebih rentan terhadap masalah ini.

Beberapa penyebab rasa gatal meliputi infeksi jamur, iritasi, menopause atau pun penyakit kulit. Selain itu, penyakit seperti diabetes, tbc serta penggunaan obat-obatan tanpa resep dokter bisa meningkatkan infeksi di area intim ini.

Tak menutup kemungkinan jika kebersihan juga menjadi salah satu penyebab timbulnya rasa gatal ini. Dilansir dari top10homeremedies, ini 5 bahan alami untuk menyembuhkan rasa gatal pada area intim.

1. Kompres es batu

Ilustrasi es batu / pexels.com
Ilustrasi es batu / pexels.com


Kompres es batu bisa meringankan rasa gatal dan mematikan saraf penyebab rasa gatal. Ini juga akan membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Caranya, bungkus es dalam kain bersih dan letakkan di area yang terasa gatal selama 5 hingga 10 menit. Ulangi sesuai kebutuhan. Jika es batu terlalu dingin, kamu bisa rendam kain katun dalam air es kemudian letakkan di area intim selama beberapa menit.

2. Bawang putih

bawang putih/pinterest.com
bawang putih/pinterest.com


Bawang putih punya sifat antibiotik dan antimikroba yang sangat baik. Caranya sangat gampang, kamu hanya perlu konsumsi 3 siung bawang putih mentah setiap hari.

Cara lainnya, campurkan beberapa tetes minyak bawang putih dalam 1 sendok teh minyak vitamin E. Gunakan obat ini 2 kali sehari selama beberapa minggu.

3. Cuka sari apel

Kamu bisa gunakan cuka sari apel tanpa filter untuk hentikan rasa gatal. Caranya, rendam tampon dalam campuran encer cuka sari apel dan air. Masukkan ke dalam area intim selama 15 hingga 20 menit. Keluarkan tampon, bilas area genital dengan air hangat dan keringkan. Lakukan dua kali sehari.

Atau, tambahkan 2 cangkir cuka sari apel mentah tanpa filter ke air mandi dan rendam di dalamnya selama sekitar 20 menit.
Cara lain, kamu bisa tambahkan 1 sendok makan cuka sari apel dan 1 sendok madu ke segelas air hangat.
Minum 2 kali sehari ya.

4. Minyak atsiri

Ilustrasi minyak atsiri/Tampil Cantik
Ilustrasi minyak atsiri/Tampil Cantik


Minyak ini mengandung sifat antibakteri yang kuat. Bukan hanya membantu meredakan gatal, minyak ini juga efektif dalam mengobati infeksi jamur.

Caranya mudah, cukup tambahkan 4 sampai 6 tetes minyak atsiri ke dalam air mandi. Rendam dalam air ini selama 10 hingga 15 menit. Lakukan ini sekali sehari sampai kamu terbebas dari rasa gatal.

5. Minyak kelapa

Minyak kelapa punya kandungan anti jamur dan sifat antimikroba yang membantu melawan pertumbuhan mikroba. Selain itu, minyak kelapa juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Caranya, oleskan minyak kelapa di sekitar area dan biarkan selama 30 menit. Bersihkan dengan air hangat dan keringkan. Lakukan 2 atau 3 kali sehari. Atau kamu bisa juga tambahkan 2 sdm minyak kelapa ke 3 gelas air suam-suam kuku.

Gunakan campuran ini untuk membilas area intim 2 atau 3 kali sehari.

Mudah kan?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI