Lifestyle

4 Makanan Sehat yang Bantu Cegah Keputihan

Biar optimal, cegah juga keputihan dari dalam, jangan dirawat dari luar aja.

Tinwarotul Fatonah | Yasinta Rahmawati

pinterest.com
pinterest.com

Dewiku.com - Keputihan sebenarnya adalah gejala normal yang dialami setiap wanita. Tapi seringnya keputihan membawa rasa nggak nyaman seperti bau dan gatal. Selain rajin membersihkan dan mengeringkan daerah miss V, kamu juga bisa mengoptimalkan pencegahan keputihan dari dalam kok. Caranya dengan rutin mengonsumsi makanan-makanan yang Dewiku.com ulas di bawah ini!

1. Yogurt

pinterest.com
pinterest.com


Yogurt kaya akan bakteri baik yang mampu mengontrol perkembangan jamur di dalam vagina. Kabar baiknya, selain bermanfaat untuk menghilangkan keputihan, yogurt juga sangat baik untuk kesehatan kulit dan wajah.

2. Susu dan buttermilk

pinterest.com
pinterest.com


Susu dan buttermilk sangat baik untuk mengurangi produksi keputihan dan menjaganya tetap normal. Susu juga dapat memberi banyak energi biar nggak lemas saat masa keputihan datang.

3. Daun sirih

pinterest.com
pinterest.com


Selain dapat mengurangi bau badan, daun sirih juga terkenal khasiatnya untuk mengobati keputihan. Caranya mudah saja, tinggal rebus beberapa lembar daun sirih hingga mendidih lalu minum air rebusan tersebut. Minum setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimalnya. Air rebusan itu bisa juga digunakan untuk membasuh Miss V.

4. Manfaat sayuran

pexels.com
pexels.com


Sayuran hijau sangatlah bermanfaat untuk kesehatan, begitupun untuk Miss V. Sayuran hijau sangat baik dikonsumsi untuk mencegah keputihan. Selain mampu menghilangkan jamur penyebab keputihan, sayuran hijau juga bisa menangkal radikal bebas secara alami bagi tubuh.

Demikian empat makanan sehat yang dapat membantu mencegah keputihan dari dalam. Pada dasarnya menerapkan pola makan sehat dapat menghindarkan dari berbagai penyakit, termasuk keputihan. Tapi kalau keputihan memperlihatkan tanda nggak normal, segera periksakan diri ke dokter ya girls!

 

Berita Terkait

Berita Terkini