Lifestyle

Madu Bisa Sembuhkan Batuk, Yuk Lihat Manfaat Lainnya Juga!

Inilah 5 manfaat madu yang perlu kamu tahu.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yuliana Sere

madu/pexels
madu/pexels

Dewiku.com - Madu sudah terkenal akan manfaatnya selama hampir 8.000 tahun. Bukan hanya untuk kecantikan, madu juga bermanfaat untuk kesehatan, misalnya meringankan batuk dan mengobati luka luar.

Dari laman Medicaldaily, Dewiku.com menemukan 5 manfaat madu yang perlu kamu tahu.

1. Pelembap kulit

madu/pexels
madu/pexels

Patricia Farris, dokter kulit bersertifikat dari Louisiana, merekomendasikan madu sebagai pelembab kulit untuk mengatasi masalah seperti jerawat dan kekeringan. Efek hidrasinya dapat dikaitkan dengan molekul gula yang membantu menahan air di kulit.

Jika kamu menggunakan madu langsung pada kulit maka sama seperti kamu memakai produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak madu.

2. Meredakan gejala mabuk

Jika kamu mabuk karena alkohol, madu bisa jadi penetralnya. Para ilmuwan dari Royal Society of Chemistry, Inggris, membenarkan pernyataan ini. Mereka mengatakan fruktosa dari madu bisa memecah zat yang terkandung dalam alkohol dengan lebih efektif.

Dr. John Emsley dari Royal Society menambahkan, madu dengan roti panggang dapat menambahkan kalium dan natrium pada makanan. Ini juga bisa mengurangi gejala mabuk.

3. Sumber antioksidan

Penelitian menunjukkan semakin gelap madu maka semakin banyak kandungan antioksidan di dalamnya. Antioksidan dapat mencegah kerusakan sel yang dapat meningkatkan risiko penyakit seperti kanker dan penyakit jantung.

Menurut American Heart Association, kamu bisa konsumsi 1 sdm per hari agar bisa mencegahmu dari penyakit-penyakit di atas.

4. Obat batuk

Daripada beli obat, mending kamu konsumsi madu untuk sembuhkan batuk. Kamu bisa kombinasikan teh atau air lemon hangat dengan madu untuk mengurangi sakit tenggorokan.

Dr. James M. Steckelberg dari Mayo Clinic mengatakan bahwa madu sendiri juga merupakan obat batuk yang efektif. Sebuah studi di tahun 2007 pun mengungkap madu bisa membantu anak-anak yang sulit tidur karena batuk.

5. Menyembuhkan luka

Penelitian pada 2011 menjelaskan madu memiliki sifat seperti stimulasi pertumbuhan jaringan, peningkatan epitelisasi, dan pembentukan jaringan parut. "Penggunaan klinis nomor satu untuk madu adalah membantu mengobati luka," kata Joseph Feuerstein, Direktur Obat Integratif di Stamford Hospital, Connecticut.

Kira-kira apa lagi nih manfaat madu yang kamu tahu?

Berita Terkait

Berita Terkini