Lifestyle

Diet Bisa Gagal Total, 5 Hal Ini Bikin Kamu Merasa Sering Lapar

Sudah makan tapi mudah lapar lagi? Temukan penyebabnya di sini!

Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi makan banyak / Pexels.com
Ilustrasi makan banyak / Pexels.com

Dewiku.com - Lagi program diet tapi selalu menderita karena mudah lapar padahal sudah makan dengan porsi cukup dan gizi seimbang? Bawaannya jadi ingin mengemil dengan mengganjal perut. Tapi bisa-bisa diet gagal total dong?

Dilansir dari Boldsky.com, inilah lima hal yang bikin kamu sering merasa lapar. Simak baik-baik, Girls!

1. Sarapan terlalu sedikit

Ilustrasi makan terlalu sedikit saat diet / pexels.com
Ilustrasi makan terlalu sedikit saat diet / pexels.com

Diet itu bukan berarti meninggalkan sarapan. Studi jangka panjang yang dilakukan University of Cambridge mengungkapkan jika mereka yang mengonsumsi 300 kalori saat sarapan bisa mengalami kenaikan berat badan hingga dua kali lipat lebih banyak dibanding yang mengonsumsi 500 kalori di pagi hari. Kok bisa?

Setelah sarapan, kenaikan gula darah dan hormon insulin justru justru semakin mengecil sehingga membuatmu cepat lapar kembali. Jadi, lebih baik kamu tetap sarapan yang cukup ya. Perbanyak protein dan sayuran hijau yang kaya vitamin dan mineral.

2. Tubuh memang membutuhkan asupan nutrisi

Ilustrasi buah strawberry / Pixabay.com
Ilustrasi buah strawberry / Pixabay.com

Sinyal lapar bakal datang saat kadar glukosa dalam darah menurun. Hal ini bisa jadi karena pola makan yang tidak teratur.

Nah, cobalah makan dengan lebih teratur, Girls. Makanlah kalau sudah saatnya. Jangan ditunda-tunda. Boleh juga diselingi dengan makanan ringan sehat, seperti buah-buahan.

3. Tubuh kekurangan cairan

Ilustrasi minum air putih / pexels.com
Ilustrasi minum air putih / pexels.com

Saat tubuh mengalami dehidrasi, otak kita juga bisa mengirimkan sinyal lapar. Inilah yang dikatakan orang sebagai lapar semu. Kamu merasa lapar dan harus makan. Padahal, sebenarnya kamu hanya butuh minum segelar air.

Ingat, Girls. Biasakan minum air putih minimal 2 liter per hari. Selain mencegah dehidrasi, sistem metabolisme tubuh juga akan menjadi lebih lancar.

4. Stres

Ilustrasi sedih patah hari / pexels.com
Ilustrasi sedih patah hari / pexels.com

Tubuh akan memproduksi hormon adrenalin dan kortisol lebih banyak saat sedang stres. Itulah kenapa kita jadi sering merasa lapar saat marah atau sedih.

Tenangkan pikiranmu, Girls. Diet bukan hanya soal menjaga pola makan, kestabilan kondisi psikologis juga berpengaruh.

5. Kurang tidur

Ilustrasi tidur / Pexels.com
Ilustrasi tidur / Pexels.com

Kurang tidur bisa terjadi karena berbagai hal, salah satunya stres. Kondisi itu ternyata bisa berpengaruh buruk pada hormon yang bertugas mengendalikan nafsu makan, yakni leptin dan ghrelin.

Pastikan kamu memenuhi kebutuhan tidur selama 5 – 8 jam per hari ya, Girls!

Berita Terkait

Berita Terkini