Kerja di Kantor Seharian, 4 Olahraga Ringan Ini Cocok Buat Kamu

Nggak ada lagi alasan malas olahraga karena terlalu sibuk.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 11 Juli 2018 icon 18:42 WIB
Kerja di Kantor Seharian, 4 Olahraga Ringan Ini Cocok Buat Kamu

Ilustrasi bekerja / Pixabay.com

Kamu adalah tipe pekerja keras yang menghabiskan banyak waktu di kantor. Kamu bahkan sering dapat lembur di akhir pekan. Semua itu seakan menjadi alibi paling sempurna untuk mangkir dari gaya hidup sehat, termasuk olahraga teratur. Terlalu sibuk, katanya.

Girls, olahraga itu bukan berarti kamu harus menyediakan waktu khusus untuk ikut kelas yoga, senam zumba, atau nge-gym. Bukan juga harus bangun pagi buta biar bisa jogging sebelum siap-siap berangkat kerja.  

Olahraga bisa kamu lakukan dengan cara yang lebih sederhana. Kamu bahkan tidak butuh tempat atau waktu khusus. Kesibukan di kantor pun tidak akan menjadi penghalang.

Berikut adalah beberapa olahraga yang bisa kamu terapkan saat seharian di kantor, dilansir dari Boldsky.com.

1. Naik-turun anak tangga

Kantormu ada di lantai sekian dan kamu selalu ke sana dengan menaiki lift? Sesekali, coba berjalanlah dengan menaiki satu per satu anak tangga. Lumayan untuk membakar kalori.

Naik-turun tangga di kantor / Pixabay.com
Naik-turun tangga di kantor / Pixabay.com

Kamu tidak bisa melakukannya karena terburu-buru di pagi hari? Ya sudah, lakukan saat pulang kantor. Kantormu ada di lantai tiga atau lebih sehingga terlalu menyiksa kalau nggak pakai lift? Oke, jalan kaki satu lantai saja, sisanya pakai lift.

Atau, melipir naik-turun tangga selama 5-10 menit di jam istirahat. Masih mau  beralasan apa lagi?

2. Jalan-jalan keliling kantor

Masa iya kamu betah seharian cuma duduk dan cuma gerak buat ke toilet atau datang ke ruangan bos untuk menyerahkan laporan? Saat istirahat, nggak ada salahnya kamu jalan-jalan di dalam kantor. Iya, di dalam kantor saja, Girls!

Ilustrasi bekerja / Pixabay.com
Ilustrasi bekerja / Pixabay.com

Nyamperin teman di divisi lain saat jam istirahat atau ambil air putih sendiri di pantry dan bukannya minta tolong staf office boy. Jika kamu seorang bos, ada baiknya kamu jalan ke meja para staf saat ingin menyerahkan tugas tertentu. Jangan telepon atau kirim memo melulu.

3. Olahraga sejenak di tengah rapat

Rapat disambi olahraga? Kedengarannya janggal tapi ini memang bisa kok.

Pas kamu merasa mengantuk atau pegal karena rapatnya sudah terlalu lama, kamu bisa melakukan peregangan otot dengan menyandarkan tubuh sandaran kursi sambil memegang bagian lengan kursi. Setelah itu, angkat kedua kakimu bersamaan, luruskan, tahan sebentar selama 2 detik, lalu turunkan perlahan.

Ilustrasi rapat di kantor / Pixabay.com
Ilustrasi rapat di kantor / Pixabay.com

Ulangi beberapa kali semampumu atau sampai kira-kira 5 menit. Ini jauh lebih aman dan tidak begitu mencolok ketimbang kamu melakukan peregangan otot dengan mengangkat kedua tangan dan menggerakkannya ke kanan dan kiri. Iya kan?

4. Maksimalkan fasilitas olahraga di kantor

Barangkali kamu punya bos yang cukup berbaik hati dan paham kalau pegawainya butuh olahraga sambil refreshing di kantor. Jadi disediakan fasilitas khusus seperti tenis meja atau area mini untuk main basket.

Tenis meja / Pixabay.com
Tenis meja / Pixabay.com

Jangan dianggurin, Girls. Manfaatkan sebaik mungkin. Permainan dart juga bisa dianggap sebagai cara praktis berolahraga lho. Melatih otot lengan, misalnya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI