Hati-hati, Fobia Ini Berhubungan dengan Cinta Lho

Dari yang takut jatuh cinta sampai takut nggak laku alias jomblo.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 16 Juli 2018 icon 14:15 WIB
Hati-hati, Fobia Ini Berhubungan dengan Cinta Lho

Ilustrasi/pexels

Pernah dengar tentang fobia? Fobia adalah penyakit mental yang membuat seseorang tidak bisa mengendalikan rasa takutnya. Kita mungkin sudah sering mendengar tentang fobia ketinggian atau fobia gelap. Namun, ternyata ada juga fobia yang berhubungan dengan cinta.

Fobia yang berhubungan dengan cinta ini ada banyak jenisnya, Girls. Mungkin juga terkesan aneh buatmu, mulai dari takut jatuh cinta sampai takut nggak laku alias jomblo.

Berikut Dewiku.com rangkumkan lima jenis fobia yang berhubungan dengan cinta. Apakah kamu merasakan salah satunya?

Ilustrasi pasangan/pinterest.com
Ilustrasi pasangan/pinterest.com

1. Philophobia

Ternyata ada lho yang fobia ketika dicintai. Penyakit ini disebut dengan philophobia, yakni ketakutan berlebihan terharap perasaan jatuh cinta dan dicintai. Mereka yang pernah mengalami hal buruk tentang kisah cinta biasanya akan menderita fobia ini.

2. Anuptaphobia

Anuptaphobia adalah rasa takut yang berlebihan ketika melajang alias anti jomblo. Seorang yang menderita fobia jenis ini bahkan nggak ragu memilih sembarangan orang agar dirinya tidak melajang.

Ini bukan bahan lelucon ya Girls. Jika temanmu ada yang menderita anuptaphobia, sebaiknya jangan ditertawakan.  Barang kali dia pernah mengalami pengalaman buruk di masa lalu sehingga membuat dia tidak bisa hidup tanpa adanya pasangan.

Ilustrasi menikah/pinterest.com
Ilustrasi menikah/pinterest.com

3. Gamophobia

Gamophobia adalah rasa takut pada pernikahan atau hubungan yang melibatkan komitmen jangka panjang. Pada situasi paling buruk, penderita gamophobia bisa saja melajang seumur hidupnya.

4. Androphobia

Androphobia adalah rasa takut terhadap pria. Bukan hanya takut, tapi juga membuat penderitanya merasa was-was dan khawatir berlebih ketika berdekatan dengan pria. Penderita androphobia bahkan menghindari hubungan yang hanya melibatkan dirinya dengan pria lain, seperti ditemani atau diantar pulang oleh pria.

Ilustrasi cium/pixabay.com
Ilustrasi cium/pixabay.com

5. Philemaphobia

Takut ciuman memang terdengar konyol, tapi nyatanya fobia ini cukup eksis di dunia. Fobia berciuman disebut dengan philemaphobia. Mereka yang mengidap fobia ini akan menolak untuk berciuman, meski dengan pasangan sendiri.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI