Nggak Baik untuk Kesehatan, Hindari 5 Kebiasaan Ini setelah Makan

Ada beberapa orang yang terbiasa melakukan kegiatan santai seperti tidur atau merokok setelah makan.

By: Tinwarotul Fatonah icon Senin, 23 Juli 2018 icon 08:48 WIB
Nggak Baik untuk Kesehatan, Hindari 5 Kebiasaan Ini setelah Makan

Makan/Consejos-de-belleza.com

Girls, melakukan beberapa kegiatan ‘santai’ setelah makan memang menyenangkan. Ada beberapa orang yang terbiasa melakukan kegiatan santai seperti tidur atau merokok setelah makan, tapi ternyata kegiatan tersebut sangat tidak dianjurkan dari sisi kesehatan. Simak penjelasannya di bawah ini.

Langsung tidur setelah makan

Langsung tidur setelah makan bisa bikin gendut. Itu mitos atau fakta sih? Ternyata itu fakta girls! Perut akan mencerna makanan yang masuk dan kita akan mendapat tambahan energi setelah pencernaan menjalankan tugasnya. Jika kita hanya bermalas-malasan dan tidur setelah makan tanpa menggunakan energi, maka akan terjadi penumpukan lemak di perut.

Baca Juga: Jarang Lari Pagi? Kamu Akan Melewatkan 5 Manfaat Ini

Bukan hanya menumpuk lemak, tidur setelah makan juga menyebabkan resiko kesehatan yang lain seperti asam lambung naik dan sendawa yang menyebabkan muntah. Dalam situasi yang lebih buruk, langsung tidur setelah makan dapat meningkatkan resiko stroke.

tidur/pinterest.com
tidur/pinterest.com

 

Merokok setelah makan

Baca Juga: Merasa Sehat tapi Kulitmu Tiba-tiba Memar? Ini Penjelasannya

Bagi beberapa orang, merokok setelah makan adalah nikmat dunia yang tak terbantahkan. Tapi sebaiknya kebiasaan ini tidak diteruskan karena sangat merugikan kesehatan. Merokok setelah makan akan mengganggu penyerapan vitamin dan mineral dalam tubuh.

Selain itu, peredaran darah setelah makan akan meningkat sehingga sebagian besar kandungan rokok yang tidak baik kesehatan akan mudah terserap oleh organ tubuh. Hal inilah yang membuat rokok setalah makan lebih berbahaya 10 kali lipat dibandingkan biasanya.

Minum teh setelah makan

Siapa yang sering memesan teh sebagai pendamping makan siang? Sebaiknya hindari kebiasaan itu, pasalnya teh dapat menghambat penyebaran zat besi dalam tubuh jika di minum setelah makan. Hal ini sangat tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan anak-anak yang sangat membutuhkan zat besi dalam masa penting tumbuh kembangnya. Lebih baik munim teh satu jam setelah makan, karena pencernaan sudah menyelesaikan tugasnya saat itu.

Ilustrasi minuman teh hijau / Pixabay.com
Ilustrasi teh / Pixabay.com

 

Olahraga setelah makan

Hindari langsung melakukan olahraga setelah makan karena hal ini hanya mengakibatkan sakit pada saluran cerna. Perutmu akan merasa sangat tidak nyaman jika dipaksa bergerak saat kekenyangan. Bagian bawah perut akan terasa seperti di tusuk-tusuk. Kamu juga akan merasa mual dan cegukan. Beri jeda dua jam setelah makan sebelum olahraga, hal ini dianggap paling aman karena perut dan tubuh sudah siap untuk melakukan aktivitas berat.

Langsung mandi setelah makan

Langsung mandi setelah makan juga tidak disarankan karena bisa menyebabkan pingsan mendadak. Hal ini terjadi karena aliran darah saat mandi akan meningkat hingga beresiko menyumbat aliran darah menuju otak.

mandi air panas/pinterest.com
mandi air panas/pinterest.com

Wah, ternyata banyak kebiasaan kecil yang sangat berbahaya jika dilakukan setelah makan ya? Setelah membaca penjelasan ini, sebaiknya hindari kebiasaan itu agar kesehatan kita tetap terjaga.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI