Inilah 4 Jenis Temperamen, Kamu Termasuk yang Mana?

Inilah 4 jenis temperamen yang dijelaskan oleh Helen Fisher.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 28 Juli 2018 icon 18:56 WIB
Inilah 4 Jenis Temperamen, Kamu Termasuk yang Mana?

ilustrasi/pinterest.com

Girls, ternyata ada perbedaan yang mencolok antara temperamen dan kepribadian. Selama ini banyak orang menganggap sama antara keduanya. Padahal itu sama sekali berbeda.

Temperamen diperoleh dari hormon, gen atau sistem syaraf. Temperamen merupakan bawaan lahir sehingga sifatnya cenderung stabil. Sedangkan kepribadian seseorang diperoleh lewat pengalaman yang dia dapatkan selama hidup.

Ada 4 jenis temperamen yang dijelaskan oleh Helen Fisher, seorang antropolog biologis kenamaan asal Amerika. Simak dalam penjelasan di bawah ini.

1. Explorer

Hormon dopamin sangat mempengaruhi seorang explorer. Karakter explorer yang dominan adalah selalu ingin tahu, suka berpetualang, enerjik, kreatif dan selalu antusias.

Explorer/pexels.com
Explorer/pexels.com

2. Builder

Seorang builder sangat dipengaruhi oleh hormon serotonin. Karakter utama builder adalah sangat tertarik dengan hal detail, mudah bersosialisasi dan loyal.

Builder/pexels.com
Builder/pexels.com

3. Director
Director identik dengan pria karena dipengaruhi oleh hormon testosteron. Director memiliki karakter kompetitif, kurang bersosialisasi dan sering menghindari kontak mata. Lucunya, director adalah orang yang sensitif sekaligus percaya diri dalam waktu yang bersamaan.

Director/pexels.com
Director/pexels.com

4. Negotiator
Hormon estrogen sangat mempengaruhi temperamen negotiator. Ciri khas seorang negotiator adalah cakap dalam kemampuan linguistik, mudah berempati, bisa membaca emosi orang lain dan kooperatif.

Lingkungan kerja/Pexels.com
Negotiator/Pexels.com

Jadi kamu termasuk jenis temperamen yang mana?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI