7 Jenis Fobia yang Wajib Cewek Tahu

Kira-kira kamu mengidap fobia yang mana?

By: Dinar Surya Oktarini icon Senin, 30 Juli 2018 icon 08:41 WIB
7 Jenis Fobia yang Wajib Cewek Tahu

Pexels.com

Pasti kita pernah merasa takut. Rasa itu sebenarnya adalah hal yang wajar. Tetapi jika berlebihan juga nggak baik, lho. Biasanya rasa takut yang berlebihan disebut dengan fobia. Umumnya hal tersebut muncul dipicu karena adanya trauma atau hal lainnya.
Fobia bisa menyebabkan kamu merasa nggak nyaman ketika menjalani kehidupan sehari-hari.

Ada banyak jenis fobia di dunia ini. Dewiku.com merangkum dari berbagai sumber, ini adalah beberapa jenis fobia yang wajib cewek ketahui. Siapa tahu ada kemungkinan kamu mengidapnya, lho! Kita simak yuk.

1. Pogonophobia

Baca Juga: Hati-hati, Fobia Ini Berhubungan dengan Cinta Lho

Ilustrasi cowok berjenggot / Pexels.com
Ilustrasi cowok berjenggot / Pexels.com

Biasanya fobia ini diderita oleh cewek, yaitu ketakutan yang berlebihan ketika melihat cowok berjenggot.

2. Ergophonia

Ilustrasi kerja / Pexels.com
Ilustrasi kerja / Pexels.com

Jika kamu pernah merasa takut ketika harus bekerja di dalam kelompok, memimpin kelompok, atau berbicara di depan banyak orang untuk mempresentasikan pekerjaan, itu berarti kamu mempunyai ketakutan yang berlebihan terhadap pekerjaan atau sering disebut ergophobia.

3. Anthophobia

Ilustrasi bunga / Pexels.com
Ilustrasi bunga / Pexels.com

Bagi kebanyakan cewek, bunga adalah salah satu benda favorit mereka. Karena bunga menggambarkan sesuatu yang cantik dan indah. Tapi itu nggak berlaku sama pengidap anthophobia. Ketika melihat bunga, mereka akan merasakan kecemasan dan kegelisahan.

4. Pentheraphobia

Ilustrasi ibu mertua / Pexels.com
Ilustrasi ibu mertua / Pexels.com

Mungkin terdengar sangat lucu, tapi bagi penderita pentheraphobia ini sama sekali bukan lelucon. Mereka mempunyai ketakutan berlebihan saat menghadapi ibu mertua. Biasanya penderita fobia ini akan merasa cemas, takut, dan bisa menyebabkan mereka sampai mual karena terlalu khawatir saat berhadapan dengan ibu mertua.

5. Bromidrosiphobia

Ilustrasi mandi / Pexels.com
Ilustrasi mandi / Pexels.com

Pengidap fobia ini mempunyai masalah besar dengan keringat berlebih. Mereka akan merasa dihantui rasa takut ketika berkeringat karena khawatir akan menimbulkan bau badan kemudian akan dijauhi orang disekitarnya.

6. Catoptrophobia

Ilustrasi bercermin / Pexels.com
Ilustrasi bercermin / Pexels.com

Penderita fobia ini akan takut ketika berhadapan dengan cermin dan sebisa mungkin menghindar dari benda tersebut. Ketakutan yang dialaminya biasanya berhubungan dengan keyakinan tertentu, seperti nasib buruk akan menimpanya atau akan terkurung di dalam cermin.

7. Decidophobia

Ilustrasi berpikir / Pexels.com
Ilustrasi berpikir / Pexels.com

Jika kalian merasa sangat takut saat mengambil keputusan, mungkin kalian mengidap fobia ini. Biasanya penderita decidophobia cenderung menyerahkan keputusan pada orang tua, pasangan, atau orang yang mereka percayai. fobia ini juga dipicu trauma di masa lalu yang berhubungan dengan pengambilan keputusan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI