Diet Keto dan Bahaya yang Mengintainya

Jangan asal menerapkan diet keto ya girls!

By: Tinwarotul Fatonah icon Senin, 30 Juli 2018 icon 19:22 WIB
Diet Keto dan Bahaya yang Mengintainya

Ilustrasi makan terlalu sedikit saat diet / pexels.com

Diet keto akhir-akhir ini menjadi jenis diet yang sangat digandrungi. Kabarnya, ia cukup ampuh menurunkan berat badan. Tapi faktanya, ada bahaya yang mengintai diet keto.

Fyi, awalnya diet keto dikhususkan untuk orang yang memiliki gangguan epilepsi. Orang dengan masalah tersebut memang kesulitan untuk mencerna karbohidrat di dalam tubuh, sehingga sangat dibatasi asupannya. Sebagai penggantinya, tubuh harus memperbanyak asupan protein dan lemak.

Lalu bagaimana jika diterapkan untuk penurunan berat badan? Well, fungsi tubuh dan pencernaan bisa saja terganggu. Sebelum menerapkannya, ada baiknya kamu mengetahui bahaya yang mengintai diet keto.

Diet/Pinterest.com
Diet/Pinterest.com

 

1. Berat badan turun drastis

Karena membatasi asupan karbohidrat, otomatis berat badan pun turun. Tapi jangn senang dulu, karena berat badan ini biasanya nggak bertahan lama alias hanya sesaat.

Kemudian karena asupan utama adalah protein dan lemak, tentu akan menumpuk dalam tubuh yang bakal bikin berat badan naik lagi.

2. Merasa nggak enak badan

Di awal diet keto, tubuh akan beradaptasi karena kehilangan sumber energi utama, yakni karbohidrat. Seperti diketahui, karbohidrat adalah sumber gula yang jadi makanan untuk otak. Otomatis otak nggak akan berfungsi dengan baik. Maka dari itu, jangan heran kalau di awal diet keto merasa sakit kepala, lelah, dan badan nggak enak.

3. Otot menyusut

Karbohidrat berperan penting dalam membentuk otot. Namun dengan menjalani diet keto, bisa membuat jaringan otot menyusut atau bahkan pecah bila kalori nggak tercukupi.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI