Mengapa Wanita Lebih Sensitif Ketika Haid? Ini Penyebabnya!

Jangan marah-marah terus ya!

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 31 Juli 2018 icon 08:30 WIB
Mengapa Wanita Lebih Sensitif Ketika Haid? Ini Penyebabnya!

Ilustrasi berantem sama pacar. (Pexels)

Sudah bukan rahasia lagi jika datang bulan alias haid dapat menimbulkan banyak permasalahan kesehatan bagi wanita. Kamu mungkin juga pernah atau sering merasakan sakit yang luar biasa, bingung dengan siklus haid yang tidak teratur, atau menjadi lebih sensitif ketika haid.

Wanita memang terkenal dengan suasana hati yang lebih sensitif ketika haid. Bad mood, mudah tersinggung, gampang marah, sampai tiba-tiba sedih dan ingin menangis tanpa sebab yang jelas.

Menurut penelitian, sebagian besar wanita setidaknya mengalami satu gejala premenstrual syndrome (PMS) secara rutin. Kenapa ya?

Baca Juga: 3 Alasan Pentingnya Rajin Mencatat Siklus Menstruasi

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa penyebab mengapa wanita lebih sensitif ketika haid. Kita simak yuk!

1. Hormon yang naik turun

sedih/pinterest.com
Ilustrasi sedih. (Pinterest)

Pada saat haid, proses ovulasi mengakibatkan turunnya hormon estrogen yang memiliki peran penting dalam proses reproduksi wanita. Di sisi lain, hormon progesteron menjadi sangat naik sehingga  menyebabkan suasana hati yang tidak menentu.

Baca Juga: Mitos tentang Haid yang Enggak Perlu Lagi Dipercaya

2. Kurang istirahat

Ilustrasi kurang istirahat / Pexels.com
Ilustrasi kurang istirahat. (Pexels)

Dampak lain turunnya hormon esterogen adalah bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan membuat susah tidur. Solusi untuk permasalahan ini adalah dengan rajin berolahraga.

3. Hormon serotin yang turun

Menurut penelitian. rendahnya hormon serotin di otak mengakibatkan kita menjadi merasakan rasa depresi, mudah marah, dan tingginya keinginan untuk mengonsumsi karbohidrat.

4. Pola makan yang berantakan

Ilustrasi pola makan berantakan / Pexels.com
Ilustrasi pola makan berantakan. (Pexels)

Sangat dianjurkan untuk mengatur pola makan sehat dengan asupan gizi yang cukup. Kebiasaan mempunyai pola makan yang berantakan akan mengakibatkan kadar gula dalam darah tidak stabil sehingga berdampak pada perasaan sensitif yang meningkat.

5. Menurunnya daya tahan tubuh

Baca Juga: Abnormal, Waspadai Tanda-Tanda Haid Ini

Ketika sedang haid, tubuh tidak kuat untuk menahan rasa sakit yang kita rasakan karena daya tahan tubuh menurun. Perjuangan melawan rasa sakit ini juga bisa menyebabkan adanya kecenderungan menjadi lebih sensitif saat haid, misalnya gampang marah .

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI