Bahaya, Phubbing Bisa Mengancam Hubungan Sosialmu

Kenapa perilaku phubbing harus segera diakhiri?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 03 Agustus 2018 icon 13:30 WIB
Bahaya, Phubbing Bisa Mengancam Hubungan Sosialmu

Phubbing. (Pinterest)

Saat ini mungkin banyak orang yang merasa sangat sulit untuk jauh-jauh dari gadget. Apa yang ada di dalamnya, terasa lebih menarik ketimbang lingkungan sekitar. Tapi kalau kamu sibuk main gadget terus saat sedang bersama teman atau sahabat, itu namanya perilaku phubbing.

Phubbing sendiri merupakan istilah yang terbentuk dari kata phone dan snubbing. Istilah ini populer seiring booming-nya penggunaan gadget. Phubbing bisa dimengerti sebagai sebuah perilaku acuh tak acuh seseorang di dalam sebuah lingkungan karena lebih fokus pada gadget daripada membangun sebuah percakapan.

Phubbing. (Pinterest)
Phubbing. (Pinterest)

Meski tindakan phubbing sudah menjadi pemandangan yang lumrah terjadi, kebiasaan buruk ini bisa membahayakan hubungan sosial kamu dengan orang di lingkungan sekitarmu lho.

Baca Juga: 4 Cara Stop Phubbing saat Kumpul Bareng Teman

Baru-baru ini sebuah penelitian dari University of Kent mengungkap efek negatif phubbing. Hasilnya menyebutkan bahwa perilaku phubbing mempengaruhi cara orang merasa terganggu dalam interaksi dengan lingkungan sekitar secara signifikan dan negatif.

Phubbing. (Pinterest)
Phubbing. (Pinterest)

Penelitian dilakukan dengan mengamati 153 responden yang masing-masing diperintahkan untuk menonton animasi percakapan dan membayangkan diri mereka mengambil bagian di dalamnya. Ada tiga skenario: tidak ada phubbing, phubbing parsial atau phubbing ekstensif.

Saat tingkat phubbing meningkat, orang menjadi lebih marah. Hal itu karena ada lebih banyak ancaman terhadap kebutuhan dasar manusia untuk berhubungan. Semakin banyak phubbing terjadi, semakin banyak responden yang percaya bahwa hubungan itu kurang dalam dari segi arti dan makna.

Selain itu, Peneliti Varoth Chotpitayasunondh dan Karen Douglas dari Sekolah Psikologi Kent percaya bahwa phubbing dapat sangat merusak rasa memiliki, harga diri serta keberadaan yang bermakna. Sebab pada dasarnya nggak ada orang yang senang diabaikan.

Hayo, sekarang ingat-ingat lagi deh. Apakah saat sahabatmu sedang curhat kamu malah asik main gadget? Hentikan mulai sekarang ya. Kalau tidak, itu bakal mengancam hubungan persahabatan kalian.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI