Tips Jogging untuk Kamu Si Pemula

Sudah jogging hari ini?

By: Agung Pratnyawan icon Jumat, 03 Agustus 2018 icon 17:45 WIB
Tips Jogging untuk Kamu Si Pemula

Jogging. (Pexels)

Jogging adalah olahrga paling fleksibel yang bisa dilakukan setiap saat, entah itu pagi ataupun sore hari. Selain itu jogging adalah olahraga paling sederhana yang bisa dilakukan untuk kamu yang ingin membakar lemak tubuh. Nah buat kamu yang baru memulai rutinitas jogging, berikut Dewiku.com sudah rangkum tips jogging untuk kamu si pemula.

1. Pemanasan dan pendinginan tubuh
Pemanasan dan pendinginan tubuh sangat penting dilakukan sebelum melakukan jogging supaya otot nggak kaku. Kamu bisa melakukannya dengan merenggangkan otot dari kepala sampai kaki. Keduanya berguna untuk membuat tubuh lebih terpacu dan meminimalisir cedera.

Jogging. (Pexels)
Jogging. (Pexels)

 

2. Perlahan
Nggak usaha terburu-buru, untuk pemula ketika jogging usahakan jangan langsung dengan kecepatan tinggi, namun lakukan secara perlahan saja. Kalau capek di tengah jogging kamu bisa jalan biasa dulu, nggak perlu memaksakan diri. Tingkatkan kecepatan dan jarak tempuh secara bertahap.

3. Kenakan outfit yang nyaman
Tentu risih rasanya kalau harus jogging tanpa tali bra menopang payudara dengan baik atau pakai celana yang kedodoran. Nah biar jogging nyaman, luangkan waktu untuk menemukan barang dengan kualitas memadai dan menyerap keringat.

Jogging. (Pexels)
Jogging. (Pexels)

 

4. Posisi tubuh
Posisi tubuh ketika jogging sangat penting karena jika salah bisa menyebabkan cedera. Contohnya posisi kepala jangan terlalu menunduk, karena akan menyebabkan sakit pada otot leher atau posisi kaki. Kemudian usahakan ketika langkah pertama bagian kaki yang menyentuh tanah pertama kali adalah bagian tengah telapak kaki, bukan ujung ataupun tumit untuk menghindari sakit dan cedera pada kaki.

5. Air mineral
Bagi pemula, selalu sediakan air mineral tiap sesi jogging. Capek dan haus pasti sangat terasa di awal-awal jogging. Untuk itu jangan sampai kekurangan cairan ya.

Itulah 5 tips jogging untuk kamu si pemula. Dicoba ya!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI