Lifestyle

7 Tips Hari Pertama Kerja, Harus Ngapain?

Biar hari pertama kerja di kantor baru nggak panik!

Tinwarotul Fatonah | Yasinta Rahmawati

Ilustrasi kerja bareng musuh dalam selimut. (Pexels)
Ilustrasi kerja bareng musuh dalam selimut. (Pexels)

Dewiku.com - Baru saja mendapatkan kerja? Selamat! mendapatkan pekerjaan memang bukan perkara mudah, apalagi jika melewati serentetan tahapan yang ribet. Tapi jangan lupa satu hal : hari pertama bekerja, sebab tanjakan karirmu baru saja dimulai. Jangan sampai kamu memberi kesan buruk di awal. Nah biar nggak panik di hari pertama bekerja, berikut Dewiku.com sudah rangkum 5 tipsnya. Yuk cek!

1. Datang tepat waktu

Hindari datang terlambat. Nggak perlu pagi-pagi sekali, cukup 15 menit lebih awal sebelum jam kerja dimulai. Kalau perlu, persiapkan juga rute perjalanan kamu. Ini sebagai antisipasi biar nggak kesasar atau terjebak kemacetan.

wristwatches/pexels.com
wristwatches/pexels.com

 

2. Dandan yang rapi

Bakal aneh rasanya kalau di hari pertama kerja penampilanmu sudah berantakan, bakal dianggap nggak profesional. Tentu kamu sudah punya gambaran seperti apa bidang pekerjaan yang bakal kamu geluti. Cobalah mengira-ngira gaya pakaian seperti apa yang rekan-rekan kerjamu nanti biar nggak salah kostum.

3. Inisiatif memperkenalkan diri lebih dulu

Hal pertama yang pasti dilakukan adalah berkenalan, maka jangan ragu untuk memulainya. Bakal lebih baik untuk memulai dari kelompok terkecil di sekitarmu, seperti rekan satu tim atau satu divisi. Tapi jangan cuma sekadar formalitas ya, ingatlah nama mereka semua.

4. Senyum dan sapa

Sejak kaki melangkah masuk ke kantor baru, sapalah dan beri senyuman siapa pun yang kamu temui. Entah itu resepsionis, senior maupun office boy. Percaya atau nggak, kabar kedatanganmu mungkin sudah menyebar satu kantor, bahkan sosial mediamu sudah dilacak. Untuk itu perlihatkan kesan positif di awal, nggak perlu banyak basa-basi dan sok asyik, cukup sapa dan jangan lupa tersenyum!

Fashion untuk wawancara kerja. (Pinterest)
Fashion untuk wawancara kerja. (Pinterest)

 

5. Mempelajari kebiasaan di kantor

Sebagai anak baru, pasti butuh kepekaan lebih dengan suasana kantor baru. Perlu mengetahui banyak hal detail yang menjadi kebiasaan di kantor. Misalnya, di mana letak mesin kopi atau bagaimana pembagian space di kulkas pantry atau aturan yang nggak tertulis lainnya.

6. Jangan malu bertanya

Kalau ada tugas yang nggak dimengerti, janganlah ragu untuk bertanya daripada nanti melakukan kesalahan fatal. Begitupun dengan hal-hal di luar tugas kantor, jangan sok tahu.

7. Santai dan be yourself

Meski sudah mempersiapkan segala sesuatunya, jangan lupa untuk tetap santai dan jadi diri sendiri. Yakinlah bahwa kamu bisa mengatasi semuanya dengan caramu sendiri.

Itulah 7 tips biar nggak panik di hari pertama kerja. Semoga hari pertamamu di kantor baru lancar!

Berita Terkait

Berita Terkini