Lifestyle

Hindari 6 Kecerobohan Memakai Softlens Ini, Bisa Bikin Infeksi

Nomer 3 pasti kamu sering nggak sadar melakukannya.

Tinwarotul Fatonah | Yasinta Rahmawati

Softlens. (Pinterest)
Softlens. (Pinterest)

Dewiku.com - Selain kacamata, softlens bisa dijadikan pilihan untuk melihat lebih jelas. Tapi dengan semakin beragamnya warna dan model, kini softlens banyak dimanfaatkan untuk menunjang penampilan agar lebih stylish. Meski begitu, jangan sampai ceroboh ketika memakainya, sebab dapat menimbulkan berbagai masalah pada mata nantinya. Nah, biar hal itu nggak terjadi, hindari kecerobohan memakai softlens berikut ini.

1. Cuci dengan air keran

Mencuci softlens dengan air keran sangat berbahaya, sebab, air yang mengalir dari kran berpotensi menimbulkan bakteri pada cairan softlens. Bahkan bisa merusak softlens itu sendiri dan menyebabkan infeksi pada mata. Cara yang benar membersihkan softlens adalah dengan menggosoknya secara perlahan menggunakan cairan pembersih khusus softlens, lalu bilas dan rendam dengan cairan yang sama sebelum disimpan di tempat khusus.

Softlens. (Pinterest)
Softlens. (Pinterest)

 

2. Jarang membersihkan tempat softlens

Nggak cuma softlens, menjaga kebersihan tempat softlens juga penting. Kalau tempatnya kotor, bakal menimbun kuman dan bakteri yang bisa timbulkan infeksi. Cara membersihkannya nggak sulit kok, cukup rendam dalam air panas. Disarankan ganti tempat softlens tiga bulan sekali.

3. Memakainya terlalu lama

Pemakaian softlens menutupi kornea mata dan menghalangi masuknya oksigen. Jika digunakan dalam jangka waktu lama, kornea akan mengalami kekurangan oksigen. Akibatnya, sel-sel epitel pada kornea nggak bisa beregenerasi dengan normal yang menyebabkan bengkak, keruh, kusam, dan kornea bisa menebal. Hal tersebut bakal menimbulkan infeksi yang parah. Dianjurkan memakai softlens ngga lebih dari 8 jam sehari.

Softlens. (Pinterest)
Softlens. (Pinterest)

 

4. Memakainya saat tidur

Selain nggak boleh memakainya terlalu lama, memakainya saat tidur juga nggak diperbolehkan. Sebab hal itu sangat berbahaya karena mata bisa kering, bengkak dan bangun-bangun penglihatan jadi kabur. Kalau sering dilakukan, bisa beresiko terkena infeksi pada kornea, lho.

5. Memakai softlens saat mandi atau berenang

Air di dalam kolam renang biasanya mengandung kaporit dan juga parasit yang bisa menyebabkan iritasi, infeksi, hingga kebutaan. Maka dari itu, selalu ingat untuk melepas softlens sebelum berenang. Hal ini juga sebaiknya kamu lakukan sebelum mandi ya.

6. Nggak memperhatikan tanggal kadaluwarsa

Softlens juga punya tanggal kadaluwarsa lho, jangan lupa untuk memperhatikannya. Untuk menghindari resiko infeksi, lebih baik jangan pakai softlens yang sudah lewat tanggal kadaluwarsanya meski cuma satu atau dua hari.

Itulah enam kecerobohan umum memakai softlens. Kalau kamu nggak mampu untuk disiplin dan hanya ingin gaya-gayaan, lebih baik hindari softlens karena resikonya cukup tinggi.

Berita Terkini