Benarkah Hand Sanitizer Ampuh Membunuh Kuman?

Bisa sih membunuh kuman, tapi....

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 07 Agustus 2018 icon 16:24 WIB
Benarkah Hand Sanitizer Ampuh Membunuh Kuman?

Hand sanitizer. (Pinterest)

Menjaga kebersihan tangan menjadi salah satu cara paling mudah untuk menjaga kesehatan. Sebab, ada begitu banyak kuman yang menempel di telapak tangan. Karena nggak setiap saat kita bisa menemukan air keran dan sabun, solusi praktis untuk memberantas kuman pun jatuh pada hand sanitizer. Tapi apakah hand sanitizer benar-benar ampuh membunuh kuman?

Uji klinis membuktikan bahwa jumlah kuman yang berkurang jika mencuci tangan dengan cairan alkohol seperti hand sanitizer hampir sama banyaknya dengan cuci tangan menggunakan sabun.

Hand sanitizer. (Pinterest)
Hand sanitizer. (Pinterest)

Namun, hand sanitizer nggak mampu menggantikan peran air dan sabun dalam membasmi kuman. Hal itu karena hand sanitizer nggak bisa membersihkan semua mikroorganisme berbahaya yang ada di tangan. Kotoran seperti darah, debu, atau feses masih menempel bila nggak dicuci dengan sabun dan air.

Baca Juga: Kamu Bisa Ambil Pelajaran Hidup Ini dari Seorang Introvert

Meski begitu, nggak ada larangan kok untuk menggunakan hand sanitizer.Tapi dengan catatan tangan nggak dalam keadaan sangat kotor dan berminyak. Hand sanitizer nggak efektif dalam membersihkan kondisi tangan yang sangat terkontaminasi. Jika tangan sangat kotor, haruslah dicuci dengan air dan sabun, bukan dengan hand sanitizer saja.

Baca Juga: Nggak Baik untuk Kesehatan, Hindari 5 Kebiasaan Ini setelah Makan

Intinya, hand sanitizer memang bisa membunuh kuman tapi nggak semua mikroorganisme berbahaya yang ada di tangan. Mencuci tangan dengan air dan sabun lebih diutamakan dalam kondisi apapun.

Baca Juga: Ayo Buat Teh Pisang, Cara Baru Atasi Insomnia

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI