Mengantuk setelah Makan? Ini Sebabnya

Ini penjelasan ilmiah kenapa muncul rasa kantuk setelah makan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 14 Agustus 2018 icon 14:43 WIB
Mengantuk setelah Makan? Ini Sebabnya

Yawning people. (Pinterest)

Saat lapar, biasanya kita nggak akan fokus dalam melakukan suatu pekerjaan. Tapi nggak jarang juga setelah perut kenyang, yang ada malah mengantuk. Apakah kamu sering mengalaminya dan bertanya-tanya kenapa bisa begitu? Berarti kamu harus simak penjelasan DewiKu di bawah ini.

Supaya dapat berfungsi dengan semestinya, tubuh membutuhkan energi. Energi tersebut diperoleh dari apa yang kita makan.

Yawning people. (Pinterest)
Yawning people. (Pinterest)

Tubuh lalu memecah zat gizi dari makanan dalam sistem pencernaan untuk dijadikan glukosa yang kemudian diubah menjadi energi.

Baca Juga: Merasa Cukup Tidur Tapi Masih Ngantuk? Ini Sebabnya

Nah, selepas makan, tubuh melepaskan hormon seperti hormon amilin, glukagon, dan kolesistokinin. Hormon-hormon ini berfungsi untuk meningkatkan kadar gula darah, membuat perasaan kenyang, dan menyediakan energi. Tapi pada saat yang sama, otak juga melepaskan hormon serotonin yang menimbulkan rasa kantuk.

Selain itu, makanan juga mempengaruhi produksi melatonin di otak. Kedua hormon inilah yang menyebabkan rasa kantuk setelah makan.

Yawning people. (Pinterest)
Yawning people. (Pinterest)

Hal lain yang juga mempengaruhi adalah jenis makanan yang baru saja dikonsumsi. Makanan dengan tingkat protein tinggi, seperti daging, ayam, telur, ikan, bayam, tahu, dan keju mengandung asam amino triptofan. Inilah yang digunakan oleh tubuh untuk memproduksi serotonin.

Selain protein tinggi, makanan yang mengandung karbohidrat juga membuat otak memproduksi serotonin dan asam amino triptofan lebih banyak.

Nah sekarang sudah tahu kan penyebabnya kenapa setelah makan malah mengantuk? Maka dari itu, untuk mencegah kantuk selepas makan, ada baiknya untuk mengonsumsi makanan yang seimbang, mencakup sayuran, biji-bijian, dan lemak baik. Batasi asupan gula dan kurangi porsi makan juga ya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI