Hasil Studi : Rajin Belanja Baju Demi Eksis di Media Sosial

Kamu juga barusan belanja baju kan?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 15 Agustus 2018 icon 08:23 WIB
Hasil Studi : Rajin Belanja Baju Demi Eksis di Media Sosial

Eksis di media sosial. (Pixabay)

Kamu pasti sudah sering melihat tagar OOTD alias Outfit of the Day ketika menjelajahi media sosial. Bahkan, mungkin kamu sendiri juga termasuk orang yang kerap menggunakannya. Tahukah kamu? Ternyata ada studi yang mengatakan jika banyak orang rela belanja baru demi eksis di media sosial.

Dilansir dari The Independent, studi tersebut dilakukan oleh peneliti dari Barclaycard, perusahaan penyedia layanan kartu kredit di Inggris. Hasilnya, hampir 1 dari 10 orang di Inggris belanja pakaian secara online hanya untuk dipamerkan di media sosial, khususnya Instagram. Uniknya, mereka lalu mengembalikan baju tersebut.

Orang yang melakukan aksi ini kebanyakan berusia 35 - 44 tahun, baik perempuan maupun lelaki. Mereka rupanya rela belanja baju untuk mendapatkan citra positif, yakni lewat banyak komentar dan likes tentang OOTD yang dipamerkan.

Baca Juga: OOTD ala Alika Islamadina, Selalu Kece dan Stylish

Eksis di media sosial. (Pixabay)
Eksis di media sosial. (Pixabay)

Fenomena tersebut meningkat setelah muncul tren coba sebelum membeli. Beberapa gerai busana di Inggris memang menggalakkan sistem ini. Saat melakukan transaksi online, barang akan dikirimkan kepada pembeli untuk dicoba. Jika ada ada yang tidak sesuai, mereka lalu bisa datang ke toko bersangkutan untuk mengembalikannya.

Rupanya, banyak orang memanfaatkan sistem ini untuk eksis di media sosial. Sebanyak 31 persen pembeli di Inggris diketahui mengembalikan pakaian yang mereka beli.

Ilustrasi belanja online. (Pexels)
Ilustrasi belanja online. (Pexels)

George Allardice, Kepala Strategi Pembayaran Barclaycard mengatakan, perilaku tersebut berdampak besar pada penjual di mana banyak barang yang dikembalikan. Hal ini juga berisiko pada kualitas barang yang mereka jual karena tidak bisa mengawasi penggunaan pakaian pada pelanggan.

Baca Juga: 5 Dampak Negatif Media Sosial bagi Kehidupanmu

"Kami menyarankan para pengecer untuk menerapkan syarat tertentu sehingga pembeli tidak bisa memanfaatkan sistem ini," tandas dia.

 

Baca Juga: Cantiknya Selena Gomez Saat Premier Film Hotel Transylvania 3

Artikel ini sudah dipublikasikan sebelumnya di Suara.com dengan judul Studi: Orang Rela Beli Baju Demi Eksis di Instagram

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI