Sedang Gelisah? Coba Konsumsi Makanan dan Minuman Ini

Deretan makanan dan minuman ini dapat meredakan kegelisahanmu.

By: Tinwarotul Fatonah icon Sabtu, 18 Agustus 2018 icon 14:44 WIB
Sedang Gelisah? Coba Konsumsi Makanan dan Minuman Ini

Ilustrasi stres. (Pinterest)

Rasa cemas dan gelisah pasti pernah dialami oleh setiap orang. Entah karena tekanan kerja maupun sedang ada masalah dengan orang terdekat. Kalau rasa gelisah melanda, coba tarik nafas perlahan, tenangkan pikiran dan nikmati makanan dan minuman yang mampu meredakan kegelisahanmu berikut ini.

1. Alpukat

Kalium yang terkandung pada buah alpukat secara alami dapat membantu menurunkan tekanan darah. Alpukat juga mengandung vitamin B sehat, lemak tak jenuh tunggal dan serat yang dapat menjadi nutrisi bagi tubuh. Bisa kamu santap langsung atau pun dijus terlebih dahulu.

Perawatan wajah dengan masker alpukat / Unsplash.com
Perawatan wajah dengan masker alpukat / Unsplash.com

 

2. Dark chocolate

Meski nggak manis, dark chocolate dianjurkan untuk menjadi camilan ketika gelisah. Dark chocolate mengandung antioksidan yang efektif meningkatkan fungsi otak. Pastikan kamu memilih coklat dengan kandungan cocoa minimum 85% ya.

3. Jeruk

Si kaya akan vitamin C ini diketahui dapat menurunkan kortisol dan tekanan darah. Nggak hanya itu, jeruk juga dapat membantu perkuat sistem kekebalan tubuh. Menurut penelitian University of Maryland, dosis tinggi vitamin C telah terbukti mengurangi tingkat stres.

4. Ikan

Rupanya makan ikan juga dapat membantu mengurangi dan menghilangkan stres, lho. Menurut buku The Anxiety Book dari Jonathan Davidson and Henry Dreher, Omega-3 yang terkandung di dalam ikan nggak cuma membantu perkembangan otak tapi juga menenangkan dari hal-hal yang membuat stres.

susu/pinterest.com
susu/pinterest.com

 

5. Susu

Susu kaya akan kalsium yang sangat baik untuk menenangkan hati karena dapat mengurangi ketegangan otot dan menenangkan saraf. Tapi kalau kamu takut menimbun lemak, bisa pilih susu jenis low-fat agar meminimalisasi lemak yang masuk dalam tubuh.

6. Teh hijau

Dibanding melampiaskan gelisah dengan minum alkohol, lebih baik minum segelas teh hijau hangat. Kandungan asam amino thenine di dalamnya dipercaya dapat menenangkan otak. Selain itu teh hijau kaya antioksidan yang bagus untuk kulit dan mencegah radikal bebas.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI