6 Makanan yang Baik Dikonsumsi sebelum Olahraga Pagi

Jangan sampai perut kamu keroncongan saat olahraga, ya!

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 20 Agustus 2018 icon 20:20 WIB
6 Makanan yang Baik Dikonsumsi sebelum Olahraga Pagi

Healthy. (Pexels)

Olahraga di pagi hari tentu sangat baik bagi kesehatan, apalagi kalau kamu sedang dalam program diet. Tapi jangan sampai karena saking inginnya membakar banyak kalori, sarapan sebelum olahraga pagi jadi terlewatkan.

Sarapan sebelum olahraga cukup penting biar kamu nggak kehabisan energi. Meski begitu, tentu makanannya harus sehat dan dalam porsi yang nggak berlebihan. Nah, DewiKu punya daftar makanan yang baik dikonsumsi sebelum olahraga. Yuk, simak!

1. Oatmeal

Baca Juga: Mau Perut Rata? Lakukan 4 Olahraga Simpel Ini

Oatmeal jadi makanan ideal yang bisa dikonsumsi sebelum olahraga pagi. Ia kaya akan serat dan karbohidrat yang cukup untuk memberi energi. Oatmeal juga mampu mengenyangkan perut lebih lama.

Ilustrasi oatmeal. (Pexels)
Ilustrasi oatmeal. (Pexels)

2. Pisang

Si kuning ini juga mengandung banyak serat dan karbohidrat untuk bahan bakar, serta mengandung potasium yang membantu funsgsi saraf dan otot tetap optimal. Makan pisang sebelum olahraga membuat tubuh mendapat asupan protein penting guna membangun dan memperbaiki otot.

Baca Juga: Jalan Cepat Lebih Baik dari Jogging?

3. Alpukat

Mengonsumsi alpukat sebelum berolahraga akan mengurangi peradangan di tubuh. Lemak serat yang tinggi juga akan membuatmu terhindar dari rasa lapar saat berolahraga.

Buah alpukat / Pexels.com
Buah alpukat / Pexels.com

4. Smoothie buah

Kalau intensitas olahragamu cukup tinggi dan butuh banyak energi, coba deh konsumsi segelas smoothie buah. Buah mengandung gula sederhana yang mudah dicerna untuk tubuh, bisa jadi bahan bakar tepat sebelum olahraga.

5. Dada ayam

Dada ayam memiliki protein tinggi sehingga sangat bagus jika dimakan sebelum berolahraga. Tapi jangan digoreng ya. Kamu bisa merebus atau memanggangnya saja, lalu makan dengan nasi merah atau seporsi salad.

6. Roti gandum

Baca Juga: 5 Makanan yang Nggak Bikin Gemuk meski Dimakan Larut Malam

Terakhir, ada roti gandum yang bisa menjadi sumber karbohidrat bagus jika dikonsumsi sebelum melakukan olahraga. Tambahkan beberapa topping di atasnya, seperti selai, madu dan buah-buahan. Yum! Sarapan lezat dan sehat.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI