7 Cara Menghemat Uang di Tanggal Tua

No more galau gara-gara nggak punya uang di tangga tua.

By: Tinwarotul Fatonah icon Selasa, 21 Agustus 2018 icon 08:25 WIB
7 Cara Menghemat Uang di Tanggal Tua

Ilustrasi uang. (Unsplash)

Memasuki tanggal tua, mungkin banyak dari kita yang sudah merasa uang di rekening telah menipis secara signifikan dan perasaan nggak sabar menunggu datangnya tanggal gajian. Biar nggak kerepotan, ada beberapa cara menghemat uang di tanggal tua, lho.

Biasanya ketika tanggal tua datang, kita udah bingung banget harus gimana takut uang nggak cukup sampai tanggal gajian datang. Padahal masih banyak barang yang ingin dibeli dan ada beberapa pengeluaran tak terduga yang bikin makin khawatir.

So, mungkin sekarang saatnya mempersiapkan kembali pengeluaran pribadi yang dikeluarkan setiap bulan dan melakukan beberapa hal yang membuat kita bisa bertahan ketika tanggal tua datang. Gimana sih caranya? Kalau kalian masih bingung coba cek satu per satu cara di bawah ini.

1. Membuat catatan pemasukan dan pengeluaran bulanan

Ilustrasi uang. (Unsplash)
Ilustrasi uang. (Unsplash)

Mempunyai target keuangan yang jelas, bisa menjadi patokan kamu dalam menyiapkan berapa besar pengeluaran untuk setiap hari, minggu, dan bulan. Pola pikir tentang hari pertama gajian yang biasanya berlaku, yaitu menghabiskan uang dulu baru menabung harus diubah juga ya, girls. Mulai sekarang coba biasakan untuk menyisihkan uang untuk menabung terlebih dahulu, baru sisanya untuk keperluan sebulan ke depan. Kebiasaan menabung bisa membuatmu semakin bisa mengontrol keperluan yang nggak penting-penting banget, jadi kamu bisa tenang dan damai saat tanggal tua datang.

2. Rencanakan biaya makan setiap hari

Menyiapkan bujet makan per hari atau per minggu itu tidak cukup. Biasanya, rencana ini akan tetap gagal, bisa jadi uang makan akan melebihi bujet karena rencana kita kurang detail. Semakin detail akan semakin baik, kita harus merinci 7 hari ke depan akan makan apa, di mana, dan bujet berapa dengan begitu uang makanmu akan mudah terkontrol dan nggak boros.

3. Bawa uang cash secukupnya

Ilustrasi uang. (Unsplash)
Ilustrasi uang. (Unsplash)

Apakah kalian pernah merasakan jika semakin banyak uang cash yang ada di dompet, jadi semakin boros? Yup, itu sudah menjadi hukum alam kalau kita mempunyai uang cash berlebih di dalam dompet. Cobalah untuk membawa uang cash secukupnya untuk keperluan sehari-hari, seperti makan dan transportasi. Mempunyai uang cash yang sedikit di dalam dompet akan membuat kita berpikir ulang ketika ingin mengeluarkannya untuk membeli sesuatu yang belum dibutuhkan.

4. Tinggalkan kartu debit atau kredit di rumah

Percuma jika membawa uang cash yang sedikit tapi kamu juga membawa semua kartu debit atau kredit di dalam dompet. Ini akan membuatmu mudah sekali menarik uang dari ATM atau membayar dengan kartu kredit. Sama aja boros kan? So, cobalah tinggalkan kartu-kartu tersebut di rumah ketika nggak berada di waktu yang mendesak harus membawanya.

5. Tentukan batas

Ilustrasi uang. (Unsplash)
Ilustrasi uang. (Unsplash)

Sering tergoda ajakan teman untuk nongkrong di cafe yang bikin kamu mengeluarkan uang lebih banyak memang sering terjadi. Jadi sekarang coba biasakan jangan segan-segan menolak ajak teman demi kelangsungan hidup kamu selanjutnya. Ketika tanggal tua datang, lebih baik langsung pulang ke rumah setelah bekerja dari pada mampir ke mall atau cafe. Hitung-hitung kamu mempunyai lebih banyak waktu bersantai di rumah.

6. Meninjau keuangan

Ketika tanggal gajian datang, cobalah kamu meninjau kembali riwayat keuanganmu sebulan ke belakang. Apakah kamu sudah bisa lebih menghemat? Meninjau kembali pengeluaran yang nggak penting dan bisa dialihkan kekeperluan yang lebih penting.

7. Memberikan hadiah pada diri sendiri

Ilustrasi uang. (Unsplash)
Ilustrasi uang. (Unsplash)

Ketika sudah selesai meninjau keuangan kamu sebulan dan ternyata kamu bisa untuk menabung dan menghemat lebih banyak uang, selamat kamu telah berhasil! Tentukan budget tersendiri untuk memanjakan dirimu karena sukses mencapai keberhasilan yang belum tentu kebanyakan orang bisa.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI